AZZAHRA, ADENIA NUR (2023) PRODUKSI MEDIA PUBLIC RELATIONS MELALUI PLATFORM TIKTOK UNTUK EDUKASI PEMILIH PEMULA DALAM MENCEGAH SWING VOTER PADA PEMILU 2024 (KPU KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover_Adenia Nur Azzahra.pdf - Published Version Download (0B) |
Abstract
Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab
untuk melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia.
Pada pemilu 2019, menurut pernyataan KPU partisipasi masyarakat Indonesia dalam
pemilihan Presiden berada di angka 81,97% di bandingkan tahun 2014 hanya sebesar
69,58%. Salah satu potensi terbesar dari partisipasi masyarakat dalam pemilu terletak
pada pemilih pemula. Dari tahun 2019 hingga 2024 ada kecenderungan peningkatan
jumlah pemilih pemula khususnya untuk usia 17 tahun, sehingga dapat menimbulkan
swing voter. Produksi media public relations melalui platform Tiktok KPU Kota
Semarang untuk mengedukasi pemilih pemula dalam mencegah swing voter pada
pemilu 2024 merupakan upaya untuk memberikan pengaruh pemilih pemula tentang
pentingnya hak suara dalam pemilu. Hasil dari penyusunan Tugas Akhir ini adalah
terciptanya sepuluh video Tiktok dan Buku Pintar Pemilu 2024 untuk pemilih pemula.
Kata Kunci : Media Public Relations, Platform Tiktok, KPU Kota Semarang,
Edukasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Public Relations, Platform Tiktok, KPU Kota Semarang, Edukasi |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Public Relations |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:48 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:43 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |