PRABOWO, Yohanes Ady (2023) ANALISIS PERAN BUDAYA LOKAL DALAM STRATEGI DIGITAL MARKETING TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DAN RELEVANSINYA DI ERA SOCIETY 5.0 (Studi Pada Iklan Produk Sido Muncul di Suku Jawa dan Batak). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12010119120009.pdf - Published Version Download (220kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119120009.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indionesia)___12010119120009.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119120009.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119120009.pdf - Published Version Download (376kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119120009.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Efek domino dari adanya disrupsi yang terjadi telah berdampak pada berbagai
sektor, mendorong banyak perusahaan untuk mengembangkan strategi marketing
yang tepat dan relevan dengan konsumen. Content marketing hadir sebagai strategi
dan juga pendekatan yang efektif bagi pemasaran produk atau jasa dalam rangka
menumbuhkan minat beli konsumen melalui pendekatan content marketing
berbasis local culture dan content marketing netral. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi strategi digital marketing yang paling efektif dalam perusahaan
yang akan beroperasi di era society 5.0 dengan perceived value sebagai variabel
mediasinya.
Populasi penelitian ini berasal dari dua suku yaitu suku Jawa dan suku Batak
yang tinggal di Indonesia, serta memiliki pengetahuan tentang budaya lokal dari
etnis atau sukunya. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel untuk
suku Jawa dan 100 sampel untuk suku Batak sehingga total keseluruhan ialah 200
responden yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Data yang
diperoleh dari hasil kuesioner dianalisis menggunakan program SmartPLS versi
4.0.9.2.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa content marketing berbasis local
culture dan content marketing netral memiliki pengaruh positif terhadap perceived
value dan purchase intention pada suku Jawa, sedangkan pada suku Batak content
marketing netral tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Temuan
berdasarkan kuesioner pertanyaan terbuka, sampel dari suku Batak cenderung
mengatakan bahwa content marketing menjadi tidak efektif jika tidak disesuaikan
dengan nilai dan budaya yang berlaku, misalkan suatu konten dapat diterima pada
masyarakat suku Batak belum tentu diterima juga pada suku lainnya. Pada suku
Jawa, baik content marketing berbasis local culture maupun content marketing
netral keduanya berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen. Perbedaan
tersebut muncul tidak terlepas dari latar belakang historis asal usul dari
masyarakatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content Marketing, Local Cuture, Purchase Intention, Society 5.0. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 03:30 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 03:30 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17277 |
Actions (login required)
View Item |