Search for collections on Undip Repository

Determinan Loyalitas Nasabah dan Peran Mediasi Kepuasan Nasabah Maximus Insurance

Purba, Ida Merlin (2023) Determinan Loyalitas Nasabah dan Peran Mediasi Kepuasan Nasabah Maximus Insurance. Masters thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
SAMPUL.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (936kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (807kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (559kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Loyalitas nasabah merupakan hal yang penting untuk dicapai oleh Perusahaan asuransiagar dapat membantu kestabilan hingga peningkatan profibalitas usahanya. SehinggaPerusahaan harus berupaya menerapkan kebijakan dan strategi usaha yang dapatmembantu peningkatan loyalitas nasabahnya. Pada penelitian ini ditemukan bahwatingkat loyalitas nasabah sempat cenderung menurun. Sehingga manajemen Maximusmelakukan langkah antisipatif yaitu pelaksanaan CRD yang bertujuan meningkatkankepuasan hingga loyalitas nasabah. Selanjutnya penelitian ini juga bertujuan untukmenguji peran mediasi dari kepuasan dalam memediasi pengaruhawareness torebranding dan perceived value customer terhadap loyalitas nasabah. Penelitian inimenggunakan landasan teori Relationship Marketing yang bertujuan untuk menganalisistingkat konektivitas antara kebijakan rebranding yang diambil oleh perusahaan denganpenilaian nasabah terhadap kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekataneksplanasi dan kuantatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakanteknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sejumlah 132 orangnasabah Maximus Insurance. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner denganmenggunakan skala pengukuran likert dan teknik analisis data yang digunakan padapenelitian ini adalah dengan analisis SEM. Hasil pengujian penelitian menemukan bahwaCorporate Rebranding Decision memiliki pengaruh yang signifikan terhadapawarenessto rebranding, perceived value dan kepuasan nasabah. Awareness to rebrandingmampumemediasi pengaruh corporate rebranding decision terhadap perceived value. Perceivedvalue mampu memediasi pengaruh awareness to rebranding terhadap kepuasan nasabah.
Kepuasan Nasabah mampu memediasi pengaruh awareness to rebrandingdanperceivedvalue terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukan bahwaCorporate Rebranding Decision mampu menciptakan awareness dan perceived value,
kondisi tersebut selaras dalam pendekatan Relationship marketing juga menjadi dasarpelaksanaan corporate rebranding decision (CRD), karena perubahanbrandharusdisesuaikan dengan tingkat hubungan dan penilaian pelanggan terhadap brandyang telahada sebelumnya. adapun keterbatasan penelitian ini hanya dilaksanakan pada nasabahasuransi Maximus Insurance (yang merupakan asuransi kerugian) sehingga tidak dapatdimplementasikan pada pola perilaku nasabah pada perusahaan asuransi jiwa ataupunpada pelanggan di industri lainnya, sehingga peneliti selanjutnya disarankan untukmengimplementasikan model penelitian ini pada industri lainnya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: Rusmanto MABIS
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:21
Last Modified: 19 Oct 2023 03:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17253

Actions (login required)

View Item View Item