Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN VIDEO PROMOSI WISATA KULINER TERKENAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN WISATA DI PASAR GEDE SOLO DALAM BAHASA JEPANG 日本語でパサール・グデ・ソロの有名な料理観光を プロモーションするためによるビデオ制作

Chaerani, Annisa Amanda (2023) PEMBUATAN VIDEO PROMOSI WISATA KULINER TERKENAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN WISATA DI PASAR GEDE SOLO DALAM BAHASA JEPANG 日本語でパサール・グデ・ソロの有名な料理観光を プロモーションするためによるビデオ制作. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER_Annisa Amanda Chaerani.pdf - Published Version

Download (643kB)

Abstract

Pembuatan video promosi ini bertujuan untuk membantu mengangkat wisata
kuliner di kota Solo agar dikenal lebih luas melalui penyebaran informasi
menggunakan media visual pada platform media sosial. Selain itu, video promosi
wisata kuliner terkenal Pasar Gede Hardjonagoro ini juga dapat membantu para
wisatawan asing (terutama Jepang) dalam menambah referensi perjalanan wisata
dengan gambar visualisasi yang dihadirkan lewat sebuah audio visual dengan
penyajian yang menarik sehingga penonton tidak merasa bosan saat menikmati video.
Dalam pembuatan video promosi ini menggunakan mekanisme produksi yang
terbagi kedalam tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pada
tahap pra produksi berisikan penyusunan ide dan konsep terkait arahan video yang
akan dibuat, pembuatan teks naskah dan terjemahannya, serta storyboard yang akan
dijadikan sebagai arahan pada proses penyutingan. Memasuki tahap produksi adalah
dimulainya pengambilan gambar yang dibutuhkan untuk membuat video promosi.
Proses penyutingan diambil langsung oleh penulis di lokasi Pasar Gede
Hardjonagoro Solo dengan menggunakan teknik pengambilan gambar berdasarkan
storyboard yang sudah dibuat. Setelah itu, pada tahap pasca produksi adalah eksekusi
mengenai gambar yang telah diambil, mulai dari pengeditan untuk menggabungkan
gambar, penambahan teks terjemahan, audio pendukung¸ animasi, dan proses upload
video pada platform media sosial. Platform penyampaian informasi ini menggunakan
aplikasi Youtube.
Manfaat dari penggunaan dialog berbahasa Jepang ini akan sangat
memudahkan orang Jepang untuk memahami isi video. Tetapi orang Indonesia juga
masih dapat menikmati video promosi ini lewat teks terjemahan berbahasa Indonesia
yang tersedia. Produk ini telah melewati tahap validasi oleh media expert sekaligus
uji coba yang dilakukan kepada wisatawan lokal dan wisatawan asing Jepang. Dari
hasil yang didapatkan, respon merujuk kepada nilai yang baik sebagai media promosi
viii
wisata. Seperti ringannya penyajian gambar, dengan audio backsound yang menarik,
serta penambahan animasi yang membuat video ini lebih hidup.
Penyampaian bahasa dan teks terjemahan yang disajikan dapat diterima untuk
sebuah video promosi. Harapannya, video promosi ini dapat membantu menaikkan
wisata kuliner di Kota Solo, dan banyak wisatawan asing yang mau melakukan
perjalanan wisata kuliner ke Kota Solo.
Kata Kunci: Video Promosi, Solo, Pasar Gede Hardjonagoro,
Rekomendasi Wisata Kuliner

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Promosi, Solo, Pasar Gede Hardjonagoro, Rekomendasi Wisata Kuliner
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Japanese
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:36
Last Modified: 16 Oct 2023 04:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17164

Actions (login required)

View Item View Item