Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN REPARASI LAPTOP DI SERVICE CENTER KOTA SEMARANG_196 DG 2023

RAHMADHANI, ANDITA AYU PAMELA and Njatrijani, Rinitami and Rahmanda, Bagus (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN REPARASI LAPTOP DI SERVICE CENTER KOTA SEMARANG_196 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Andita Ayu Pamela Rahmadhani_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Andita Ayu Pamela Rahmadhani_abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Andita Ayu Pamela Rahmadhani_bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Andita Ayu Pamela Rahmadhani_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Andita Ayu Pamela Rahmadhani_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Andita Ayu Pamela Rahmadhani_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Andita Ayu Pamela Rahmadhani_dapus.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penggunaan laptop sehari-hari tidak lepas dari terjadinya penurunan performanya, permasalahan yang sering timbul seperti kerusakan suku cadang. Laptop merupakan produk elektronik hanya dapat direparasi oleh ahli yang sudah memiliki sertifikasi di bidang teknisi komputer. Pengguna memilih untuk menggunakan jasa reparasi di service center resmi merek tertentu karena dapat dipercaya dibandingkan ke tempat layanan reparasi biasa yang menerima segala jenis produk. Permasalahan yang dibahas dari penulisan hukum ini adalah mengenai bagaimana perlindungan konsumen terhadap pemenuhan kewajiban pelaku usaha pelayanan purna jual laptop di Kota Semarang dan bagaimana penyelesaian apabila terjadi kerugian konsumen pada layanan reparasi pelayanan purna jual laptop di Kota Semarang. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dan menerapkan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari wawancara kepada konsumen yang merasa dirugikan akibat layanan reparasi laptop di Kota Semarang, Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jawa Tengah, dan Service Center HP Kota Semarang. Adapun untuk data pendukung yaitu data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa konsumen hubungan hukum pelaku usaha dengan konsumen dalam hal pelayanan reparasi laptop belum berjalan sebagaimana mestinya dan konsumen belum sepenuhnya menerima perlakuan yang sama sehingga pelaku usaha diwajibkan untuk mengganti kerugian konsumen baik berupa pengembalian uang atau penggantian unit/jasa yang sejenis dalam tenggang waktu 7 hari. Kemudian penyelesaian kerugian konsumen pada layanan reparasi purna jual laptop di Kota Semarang dapat diselesaikan melalui Mediasi, Konsiliasi, dan Arbitrase dengan bantuan LP2K Jawa Tengah. Apabila tidak berhasil dapat ditempuh melalui pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hak Konsumen, Service Center, Perlindungan Konsumen
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:29
Last Modified: 26 Oct 2023 03:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item