Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KESESUAIAN PENGGUNAAN LOG BOOK DAN PENERAPAN KEBIJAKAN SISTEM PEMANTAUAN KAPAL PERIKANAN MELALUI SEBARAN OPERASIONAL KAPAL PURSE SEINE DI PELABUHAN UMUM BENOA (22p403)

MUKTITAMA, MUHAMMAD TOBI (2022) ANALISIS KESESUAIAN PENGGUNAAN LOG BOOK DAN PENERAPAN KEBIJAKAN SISTEM PEMANTAUAN KAPAL PERIKANAN MELALUI SEBARAN OPERASIONAL KAPAL PURSE SEINE DI PELABUHAN UMUM BENOA (22p403). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Cover Muhammad Tobi Muktitama 22p403.pdf

Download (551kB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Tobi Muktitama. 260 301 181 200 34. Analisis Kesesuaian
Penggunaan Log Book dan Penerapan Kebijakan Sistem Pemantauan Kapal
Perikanan Melalui Sebaran Operasional Kapal Purse Seine di Pelabuhan Umum
Benoa (Faik Kurohman dan Hendrik Anggi Setyawan)
Log book penangkapan ikan, data Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (SPKP)
maupun data Hasil Pemeriksaan Kapal (HPK) merupakan serangkaian data yang
diperuntukan untuk mendukung tata kelola perikanan. Berdasarkan peraturan
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, penggunaan analisis dari data log
book maupun pengelolaan SPKP diproyeksikan untuk dijadikan sebagai bahan
rekomendasi dalam pengambilan kebijakan pengelolaan perikanan. Berangkat
dari hal tersebut maka andil dari penggunaan data log book maupun data SPKP
akan sangat menentukan keberlangsungan dari tata kelola perikanan di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dari penggunaan log book
sebagai data dasar pengelolaan dan SPKP sebagai data utama pengawasan
perikanan serta menganalisis kondisi aktual dari kebijakan yang berlaku.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data yang berupa hasil wawancara
dalam bentuk kuesioner, data log book, HPK dan SPKP. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat perbedaan dari kesesuaian antara jumlah kapal yang
tercatat antara log book dengan HPK pada tahun 2019 hingga 2021 dengan selisih
perbedaan berturut-turut sebanyak 16, 11 dan 8 kapal. Kesesuaian waktu
kedatangan kapal antara log book dengan SPKP pada tahun 2019 hingga 2021
sebesar 22%, 34% dan 69%, dan waktu keberangkatan sebesar 23%, 37% dan
76%. Kesesuaian daerah tangkapan ikan dari SPKP dengan HPK tercatat
mengalami peningkatan sejak tahun 2019 hingga 2021 dengan besaran berturut�turut sejumlah 31%, 64% dan 81%. Selain itu analisis secara spatio-temporal dari
olahan data SPKP dapat menggambarkan secara jelas pola sebaran kepadatan
kapal dan dapat digunakan untuk menduga adanya praktik kecurangan. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa data SPKP dapat dimanfaatkan sesuai dengan yang
tercantum pada kebijakan yang berlaku.
Kata Kunci: SPKP, Log book, HPK

ABSTRACT
Muhammad Tobi Muktitama. 260 301 181 200 34. Analysis of the Suitability
of Using Log Books and Implementation of Fishery Vessel Monitoring System
Policies Through Operational Distribution of Purse Seine Vessels in Benoa Public
Port (Faik Kurohman and Hendrik Anggi Setyawan)
Fishing logbooks, Vessel Monitoring System (VMS), and ship inspection results
data are a series of data intended to support fisheries governance. Based on the
prevailing laws and regulations in Indonesia, analysis from logbooks data and the
management of VMS is projected to be used as recommendation material in
making fisheries management policies. Therefore, the use of logbooks and VMS
data will greatly determine the sustainability of fisheries governance in Indonesia.
This research aims to analyze the feasibility of using the logbook as the basic
management data and the VMS as the main data for fisheries surveillance, and to
analyze the actual conditions of the applicable policies. This research was
conducted using data in the form of interviews in the form of questionnaires,
logbooks data, ship inspection results, and VMS. This research is descriptive
qualitative by using research methods that include descriptive percentage,
spatiotemporal and normative juridical. The results showed that there was a
difference in the suitability of the number of ships recorded between the logbooks
and ship inspection results from 2019 to 2021 with 16, 11, and 8 ships
respectively. The suitability of ship arrival times between the logbooks and VMS
in 2019 to 2021 is 22%, 34%, and 69%, and departure times are 23%, 37%, and
76%. The suitability of fish catch areas from VMS with ship inspection results has
been recorded to have increased from 2019 to 2021 with several 31%, 64%, and
81% respectively. In addition, the spatiotemporal analysis of processed VMS data
can clearly describe the distribution pattern of ship density and can be used to
suspect fraudulent practices. This research can be concluded that the use of
logbook analysis used as a recommendation for policy formulation has not been
able to run optimally and VMS can be used in accordance with applicable
policies.
Keywords: VMS, Logbook, Inspection

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SPKP, Log book, HPK, VMS, Logbook, Inspection
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:30
Last Modified: 12 Oct 2023 08:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17113

Actions (login required)

View Item View Item