Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) TERHADAP FAKTOR PRODUKSI DAN FAKTOR PEMASARAN BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DI KAMPUNG NILA, KLATEN, JAWA TENGAH (22b575)

VENEZIA, VENEZIA (2022) PENGARUH CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) TERHADAP FAKTOR PRODUKSI DAN FAKTOR PEMASARAN BUDIDAYA IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DI KAMPUNG NILA, KLATEN, JAWA TENGAH (22b575). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
COVER VENEZIA 22b575.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK
Venezia. 26020118120001. Pengaruh Corona virus Disease (Covid-19) Terhadap
Faktor Produksi dan Faktor Pemasaran Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
di Kampung Nila, Klaten, Jawa Tengah. (Tita Elfitasari dan Sarjito)
Infeksi corona virus (Covid-19) merupakan sebuah penyakit dimana jika
orang yang terkena virus tersebut dapat mengalami beberapa gejala, salah satunya
yaitu berupa ganguan pernapasan. Virus ini pertama kali muncul pada tahun 2020
yang sangat menggemparkan seluruh dunia dan sangat memberikan dampak bagi
kehidupan sosial dan ekonomi. Dampak dari adanya pandemi Covid-19 di Kampung
Nila, Klaten yang utama adalah pada faktor pemasaran ikan nila tidak berjalan
dengan baik, sehingga secara langsung mempengaruhi hasil penjualan produksi ikan
nila dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 – Juni 2022 di Kampung Nila, Klaten, Jawa
Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan aplikasi
SPSS (Statistical Package fot the Social Sciences) for Windows versi 25. Penelitian
ini dilakukan dengan terlebih dahulu melaksanakan try out atau uji coba kuesioner
kepada 30 responden diluar populasi kemudian dilakukan uji validitas dan uji
reliabilitas pada instrumen skala penelitian. Penentuan sampel penelitian
menggunakan rumus Slovin, sebanyak 52 pembudidaya ditetapkan sebagai sampel
penelitian. Pengukuran variabel menggunakan skala likert (1-4) yaitu Sangat Sesuai
(SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS) dan Sangat Tidak Sesuai (STS). Teknik analisis
data menggunakan uji asumsi (normalitas dan linieritas) dan uji hiptesis (korelasi
produk momen, uji t, uji f, dan uji r square) untuk mengetahui pengaruh pandemi
Corona virus Disease (Covid-19) terhadap faktor produksi dan faktor pemasaran
budidaya ikan nila. Hasil uji asumsi penelitian yaitu data terdistribusi normal dan
memiliki hubungan yang linier. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak
terdapat pengaruh signifikan antara adanya pandemi Corona virus Disease (Covid�19) terhadap faktor produksi dan terdapat pengaruh yang signifikan antara pandemi
Corona Virus Disease (Covid-19) terhadap faktor pemasaran budidaya ikan nila
(Oreochromis niloticus) di Kampung Nila, Klaten, Jawa Tengah.
Kata kunci : Covid-19; faktor pemasaran; faktor produksi; ikan nila

SUMMARY
Venezia. 26020118120001. Effect of Corona virus disease (Covid-19) on
Production and Marketing Factors of Tilapia Fish (Oreochromis niloticus) in
Tilapia Village, Klaten, Central Java. (Tita Elfitasari and Sarjito)
Corona virus infection (Covid-19) is a disease where if people who are exposed to
the virus can experience several symptoms, one of which is respiratory problems.
This virus first appeared in 2020 which shocked the whole world and greatly
affected social and economic life. The impact of the Covid-19 pandemic in Tilapia
Village, Klaten, the main thing is that the marketing factor for tilapia is not going
well, so it directly affects the sales of tilapia production and the socio-economic life
of the people in the area. This research was conducted in October 2021 – June 2022
in Kampung Nila, Klaten, Central Java. This study uses a quantitative method with
the help of the SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) application for
Windows version 25. This research was conducted by first carrying out a try out or
questionnaire test to 30 respondents outside the population then testing the validity
and reliability test on a scale instrument. study. Determination of the research
sample using the Slovin formula, as many as 52 cultivators were determined as the
research sample. Measurement of variables using a Likert scale (1-4) namely Very
Appropriate (SS), Appropriate (S), Not Appropriate (TS) and Very Unsuitable
(STS). The data analysis technique used assumption test (normality and linearity)
and hypothesis test (correlation of moment product, t test, f test, and r square test)
to determine the effect of the Corona virus disease (Covid-19) pandemic on
production factors and marketing factors of fish farming. indigo. The result of the
research assumption test is that the data is normally distributed and has a linear
relationship. The results of the hypothesis test indicate that there is no significant
effect between the Corona virus disease (Covid-19) pandemic on production factors
and there is a significant influence between the Corona Virus Disease (Covid-19)
pandemic on the marketing factors of tilapia (Oreochromis niloticus) cultivation in
Kampung Nila, Klaten, Central Java.
Keywords: Covid-19; marketing factor; factors of production; oreochromis
niloticus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; faktor pemasaran; faktor produksi; ikan nila, marketing factor; factors of production; oreochromis niloticus
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Aquaculture
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:41
Last Modified: 12 Oct 2023 04:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17094

Actions (login required)

View Item View Item