Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI KECAMATAN SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA

Jumaguni, Naomi and Handayani, Migie and Setiadi, Agus (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI CABAI MERAH KERITING DI KECAMATAN SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Bagian 1 Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Bagian 2 Bab 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Bagian 3 Bab 2.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Bagian 4 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 5 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 6 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 7 Dafpus-Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani cabai merah keriting di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022-Februari 2023 di Kecamatan Siborongborong. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah sensus dengan mengambil keseluruhan populasi petani cabai merah keriting di Kecamatan Siborongborong yang berjumlah 54 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis biaya produksi, penerimaan, pendapatan, R/C ratio, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah biaya produksi, rata-rata jumlah penerimaan, dan rata-rata jumlah pendapatan usahatani cabai merah keriting per musim tanam dengan luas lahan sebesar 0,38 ha berturut-turut adalah sebesar Rp 43.829.515,26, Rp 77.994.259,25, dan Rp 34.164.744,99. Usahatani cabai merah keriting di Kecamatan Siborongborong menguntungkan dengan nilai R/C ratio sebesar 1,84 sehingga layak dikembangkan. Variabel luas lahan, curahan tenaga kerja, biaya benih, biaya pupuk, biaya pestisida, jumlah produksi, dan harga jual secara serempak berpengaruh terhadap pendapatan usahatani cabai merah keriting. Variabel luas lahan, curahan tenaga kerja, biaya pupuk, jumlah produksi, dan harga jual secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan usahatani cabai merah keriting, sedangkan variabel biaya benih dan biaya pestisida tidak berpengaruh terhadap pendapatan usahatani cabai merah keriting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: biaya, cabai merah, pendapatan, penerimaan
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:21
Last Modified: 12 Oct 2023 06:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16992

Actions (login required)

View Item View Item