Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PERPINDAHAN MEREK MELALUI KEBUTUHAN MENCARI VARIASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Susu Kemasan UHT Ultra Milk yang Berpindah Merek ke Cimory di Kota Semarang) 143adbis2023

Arriyani, Hasnul Haya (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PERPINDAHAN MEREK MELALUI KEBUTUHAN MENCARI VARIASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Susu Kemasan UHT Ultra Milk yang Berpindah Merek ke Cimory di Kota Semarang) 143adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (907kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (366kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Setiap tahun perkembangan industri mengalami perubahan termasuk industri susu yang disebabkan karena gaya hidup masyarakat yang selalu berubah. Selain itu munculnya berbagai merek susu di Indonesia menyebabkan persaingan di industri ini semakin ketat. Salah satunya merek susu di Indonesia yaitu susu Cimory yang memiliki berbagai macam varian rasa. Keunggulan produk susu Cimory dapat mengancam pangsa pasar yang telah diperoleh oleh susu UHT Ultra Milk. Maka dari itu perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk dan menciptakan produk yang unggul agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan menghindari terjadinya perilaku perpindahan merek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap perpindahan merek melalui kebutuhan mencari variasi sebagai variabel intervening. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 97 responden dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu accidental sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian diolah menggunakan SmartPLS 3.0 For Windows.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas produk dan electronic word of mouth (e-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek melalui kebutuhan mencari variasi. Hubungan kebutuhan mencari variasi sebagai variabel intervening adalah partial mediation bagi kedua variabel independen. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan bagi perusahaan susu Ultra Milk yaitu meningkatkan kualitas produk sesuai dengan keinginan konsumen dan perlu melakukan inovasi terhadap kemasan dan varian rasa.
Kata kunci : perpindahan merek, kualitas produk, electronic word of mouth, kebutuhan mencari variasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:02
Last Modified: 03 Nov 2023 08:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16979

Actions (login required)

View Item View Item