Search for collections on Undip Repository

PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), EARNING PER SHARE (EPS), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP HARGA SAHAM (Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Logam dan Mineral yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020) 139adbis2023

HENDRIYANTO, IVANKA FEBRIAN PUTRI (2023) PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), EARNING PER SHARE (EPS), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP HARGA SAHAM (Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Logam dan Mineral yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020) 139adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (703kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (165kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (241kB)

Abstract

Persaingan global menuntut perusahaan untuk lebih berkembang sehingga dapat berkompetisi terhadap usaha yang dimiliki. Dalam mengembangkan usaha tersebut membutuhkan modal yang cukup banyak. Saham adalah salah satu instrumen yang paling diminati dan alternatif yang menarik bagi investor diantara berbagai pilihan investasi di pasar modal. Terdapat 11 sektor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, salah satunya adalah sektor pertambangan dengan sub sektor logam dan mineral. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return On Assets (ROA), Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory dengan menggunakan data sekunder dari data laporan keuangan perusahaan yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) perusahaan dengan memakai data kuantitatif. Data yang dibutuhkan antara lain pengumpulan data laba setelah pajak, laba bersih setelah pajak, dividen, ekuitas, jumlah aset, total hutang, jumlah saham yang beredar, dan harga saham. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROA, EPS dan DER secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Semakin baik ROA, EPS dan DER sebagai rasio profitabilitas akan semakin meningkat juga harga saham dan semakin menarik minat investor untuk membeli saham perusahaan. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, perusahaan diharapkan lebih memperhatikan ROA, EPS, dan DER untuk meningkatkan harga saham sehingga dapat mempengaruhi penilaian investor, serta harus mencari variasi strategi upaya meningkatkan harga saham. Investor diharapkan lebih memahami ROA, EPS, dan DER sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan investasi yang akan dilakukan pada Perusahaan Pertambangan Logam dan Mineral.
Kata Kunci: Return On Assets (ROA), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), dan Harga Saham

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:11
Last Modified: 03 Nov 2023 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item View Item