Search for collections on Undip Repository

PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PHOTOCARD BOY GROUP NCT (NEO CULTURE TECHNOLOGY) PADA KONSUMEN TEENAGER 137adbis2023

Widyastuti, Sukma (2023) PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PHOTOCARD BOY GROUP NCT (NEO CULTURE TECHNOLOGY) PADA KONSUMEN TEENAGER 137adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (823kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (717kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (720kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Photocard merupakan salah satu bentuk dari merchandise idola dengan wujud satu lembar kertas berukuran panjang 10 sentimeter dan lebar 6 sentimeter. Meskipun ukuran photocard terbilang kecil, tetapi photocard ini sangat digandrungi oleh para penggemar idol Korea terutama pada boy group NCT (Neo Culture Technology). Jumlah anggota grup yang banyak (23 member), membuat penerbitan photocard setiap anggotanya juga terbatas. Hal ini sering memunculkan perilaku panic buying, impulsive buying, konsumtif dari penggemar remaja dengan tindakan yang terkadang tidak didasarkan oleh pemikiran jangka panjang dan keinginan yang menggebu-gebu untuk memiliki apa yang diinginkan. Oleh sebab itu, Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap proses keputusan pembelian photocard boy group NCT pada penggemar remaja. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden penggemar NCT dengan usia remaja (12-18 tahun) berdomisili di Yogyakarta dan pernah melakukan pembelian photocard. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Tipe penelitian berupa eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian, faktor psikologi berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian secara bersama-sama.

Keywords: faktor pribadi; faktor psikologi; proses keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:49
Last Modified: 03 Nov 2023 08:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item View Item