SIREGAR, Rizqy Dwi Kusuma (2023) ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL CONCERN TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN PRODUCT INVOLVEMENT DAN SELF-IMAGE CONGRUENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Produk Hijau Merek Herborist). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12010117120038.pdf - Published Version Download (292kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010117120038.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010117120038.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010117120038.pdf - Published Version Download (275kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010117120038.pdf - Published Version Download (415kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010117120038.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemasaran hijau (green marketing) merupakan strategi tindak lanjut dari
gagasan keberlanjutan untuk memperbaiki lingkungan yang semakin rusak. Selain
sebagai kontribusi sebagai manusia, tren pemasaran hijau juga digunakan untuk
mendapatkan keunggulan kompetitif di tengah persaingan industri kosmetik yang
semakin ketat. Produk Herborist merupakan salah satu produk yang melakukan
pemasaraan hijau. Meskipun Herborist dikenal masyarakat, namun pemasarannya
belum maksimal sehingga masih kalah dengan produk hijau lainnya. Di sisi lain
konsumen semakin menyadari bahwa kerusakan lingkungan tidak dapat diabaikan
sehingga konsumsi hijau semakin meningkat. Kepedulian pada lingkungan inilah yang
dimanfaatkan oleh produk Herborist dalam menarik perhatian pasar. Selain fenomena
tersebut, ditemukan kesenjangan hasil dari penelitian sebelumnya yaitu tidak
konsistennya hubungan antara Environmental Concern dan Green Purchase Intention.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model konseptual
mengenai bagaimana cara mengelola Environmental Concern dengan menggunakan
pendekatan Self-Congruence Theory sehingga dapat meningkatkan Green Purchase
Intention pada produk kecantikan Herborist melalui Green product Involvement dan
Self-Image Congruence. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110
responden melalui metode kuesioner dengan kriteria pernah membeli produk Herborist
minimal satu kali dan berdomisili di Kota Semarang. Proses pengolahan dan analisis
data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), dengan
menggunakan perangkat lunak Analysis Moment of Structural (AMOS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Environmental Concern memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Green Purchase Intention melalui Green
Product Involvement dan Self-Image Congruence. Oleh karena itu semua hipotesis
dalam penelitian ini diterima. Implikasi manajerial dari penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat dalam pengembangan strategi pemasaran perusahaan produk Herborist.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Environmental Concern, Green Product Involvement, Self-Image Congruence, Green Purchase Intention, Self-Congruemce Theory |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 04:21 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 04:21 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16900 |
Actions (login required)
View Item |