Budjang, Ichwan Nugraha (2023) PENGARUH GREEN PRODUCT DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE (STUDI PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS DIPONEGORO) 130adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (682kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (602kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (647kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (275kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (277kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Berkembangnya zaman terutama pada era globalisasi, berdampak pada dunia bisnis
yang juga mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan dinamis. Hal ini
terjadi seiring dengan kemajuan teknologi, pertumbuhan dan perilaku penduduk dalam
suatu negara. Salah satu sektor yang berkembang pesat adalah industri fesyen.
Perkembangan industri fesyen mulai meningkat sesuai dengan kebutuhan masyarakat,
terlebih lagi belakangan ini menjadi industri yang paling menguntungkan di Indonesia.
Untuk tetap bersaing dan berhasil, perusahaan yang bergerak pada industri fesyen harus
fokus pada inovasi serta pengembangan produk dan kepedulian terhadap lingkungan
sebagai prioritas utama. Hal ini penting agar perusahaan dapat bersaing efektif dengan
perusahaan lainnya di pasar yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh antara green product dan kesadaran lingkungan terhadap keputusan
pembelian sepatu Nike pada mahasiswa S1 Universitas Diponegoro. Penelitian ini
termasuk kedalam Penelitian Eksplanatori, dan menggunakan purposive sampling
sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel yang digunakan ialah 100 orang
mahasiswa S1 Universitas Diponegoro yang pernah membeli sepatu Nike. Penelitian
ini menggunakan analisis regresi linear dengan alat bantu aplikasi SPSS 25. Hasil
penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan dari masing- masing
variabel secara berurutan, yaitu green product dan kesadaran lingkungan terhadap
keputusan pembelian. Diharapakan Nike mampu meningkatkan pemahaman dan
pengetahuan para konsumen untuk dapat lebih mengenal produk hijau mereka yang
juga turut berkontribusi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.
Kata Kunci : Green Product, Kesadaran Lingkungan, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 07:56 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16869 |
Actions (login required)
View Item |