Febrianti, Putri (2023) Hubungan Terpaan Kampanye #WeAreMore dan Terpaan Online Customer Review pada Kolom Komentar Instagram @Myxl terhadap Loyalitas Pelanggan 101kom2023 XL. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER 1.pdf - Submitted Version Download (498kB) |
|
Text
Bab 1.pdf - Submitted Version Download (642kB) |
|
Text
Bab 2.pdf - Submitted Version Download (355kB) |
|
Text
Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
Bab 5.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (243kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
XL merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di telekomunikasi selular
yang berdiri sejak 6 oktober 1989 dengan nama awal PT Grahametropolitan Lestari. XL
telah melakukan banyak cara untuk melakukan promosi penjualan salah satunya melalui
Kampanye #WeAreMore. Di sisi lain, XL juga melakukan promosi penjualan tersebut
melalui Instagram @Myxl. Saat ini Instagram @Myxl memiliki pengikut sebanyak 218
ribu. Dalam Instagram @Myxl tersebut seringkali terlihat ulasan yang buruk maupun baik
mengenai kinerja dari brand XL. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengetahui Hubungan antara Terpaan Kampanye #WeAreMore dan Terpaan Online
Customer Review (OCR) terhadap Loyalitas Pelanggan XL. Penelitian ini menggunakan
teori Cognitive Response Approach dan teori Social Cognitive, sampel yang ditetapkan
berjumlah 100 responden dengan kriteria usia 18 - 34 tahun yang pernah melihat
Kampanye #WeAreMore dan mengikuti Instagram @Myxl. Penelitian ini menggunakan
non-probability sampling dengan teknik pengambilan accidental sampling.
Penelitian ini melihatkan hasil nilai signifikansi antara Terpaan Kampanye
#WeAreMore terhadap Loyalitas Pelanggan XL sebesar 0.000. Hasil tersebut dikatakan
signifikan jika hasil yang didapatkan memiliki nilai signifikansi <0.05 dan nilai koefisien
korelasi pearson product moment sebesar 0.376 yang berarti kedua variabel tersebut
memiliki hubungan yang lemah dan mengarah positif. Artinya, jika terpaan kampanye
#WeAreMore mengalami peningkatan, maka tingkat loyalitas pelanggan XL juga
mengalami peningkatan. Kemudian, dalam uji korelasi hipotesis kedua, terdapat
hubungan yang positif antara hubungan Online Customer Review (OCR) pada kolom
komentar instagram @Myxl terhadap loyalitas pelanggan XL menunjukkan nilai
signifikansi sebesar 0.000. Hasil tersebut juga menunjukkan signifikan dan nilai koefisien
korelasi pearson product moment sebesar 0.431 yang berarti kedua variabel tersebut
memiliki hubungan yang sedang dan mengarah positif. Artinya, jika Online Customer
Review pada kolom komentar instagram @Myxl mengalami peningkatan, maka loyalitas
pelanggan XL juga mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Terpaan Kampanye, Online Customer Review, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 07:42 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 06:21 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16864 |
Actions (login required)
View Item |