Fadhila, Fandi Razan (2023) REPRESENTASI PERILAKU MASYARAKAT INDONESIA DALAM IKLAN GRAB X OVO VERSI ‘MODAL PERCAYA-ASLI TJAP INDONESIA’ DI INSTAGRAM 100kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (458kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (413kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (229kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (566kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (76kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (89kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Download (157kB) |
Abstract
Sebagai perusahaan penyedia jasa layanan, Grab selalu mempublikasikan iklan yang berisi tentang produknya. Dalam memanfaatkan momentum kemerdekaan RI, Grab berkolaborasi dengan OVO untuk memproduksi iklan yang berjudul ‘Modal Percaya-Asli Tjap Indonesia’ yang menampilkan potret perilaku masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Dalam iklan ini, sama sekali tidak tampak pesan persuasif yang disampaikan. Sehingga, iklan ini menjadi unik sekaligus menjadi pembeda dengan iklan-iklan versi sebelumnya..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perilaku masyarakat Indonesia direpresentasikan dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Representasi dan konsep Advertising – the magic of meaning sebagai landasan dalam menjelaskan hasil temuan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Semiotika dengan teknik analisis data menggunakan two order of signification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grab merepresentasikan perilaku masyarakat Indonesia melalui figur yang memiliki semangat juang, seperti bapak-bapak, pengamen, dan pekerja kasar lapangan, direpresentasikan sebagai masyarakat yang gigih dan optimis, direpresentasikan melalui beberapa simbol seperti bambu runcing, bekas kerokan, kegiatan panjat pinang, baliho pejabat politik, dan kostum superhero. Grab menyisipkan sebuah pesan dalam representasi yang ditampilkan, Grab hadir sebagai solusi praktis dalam memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Grab juga menyisipkan mitos mengenai perayaan atas kemiskinan.
Kata kunci : Representasi, Perilaku Masyarakat Indonesia, Iklan Grab, Semiotika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 06:09 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 06:20 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16855 |
Actions (login required)
View Item |