Search for collections on Undip Repository

REPRESENTASI PERILAKU MASYARAKAT INDONESIA DALAM IKLAN GRAB X OVO VERSI ‘MODAL PERCAYA-ASLI TJAP INDONESIA’ DI INSTAGRAM 100kom2023

Fadhila, Fandi Razan (2023) REPRESENTASI PERILAKU MASYARAKAT INDONESIA DALAM IKLAN GRAB X OVO VERSI ‘MODAL PERCAYA-ASLI TJAP INDONESIA’ DI INSTAGRAM 100kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (458kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (413kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (229kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (566kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (89kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (157kB)

Abstract

Sebagai perusahaan penyedia jasa layanan, Grab selalu mempublikasikan iklan yang berisi tentang produknya. Dalam memanfaatkan momentum kemerdekaan RI, Grab berkolaborasi dengan OVO untuk memproduksi iklan yang berjudul ‘Modal Percaya-Asli Tjap Indonesia’ yang menampilkan potret perilaku masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Dalam iklan ini, sama sekali tidak tampak pesan persuasif yang disampaikan. Sehingga, iklan ini menjadi unik sekaligus menjadi pembeda dengan iklan-iklan versi sebelumnya..
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perilaku masyarakat Indonesia direpresentasikan dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Representasi dan konsep Advertising – the magic of meaning sebagai landasan dalam menjelaskan hasil temuan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Semiotika dengan teknik analisis data menggunakan two order of signification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grab merepresentasikan perilaku masyarakat Indonesia melalui figur yang memiliki semangat juang, seperti bapak-bapak, pengamen, dan pekerja kasar lapangan, direpresentasikan sebagai masyarakat yang gigih dan optimis, direpresentasikan melalui beberapa simbol seperti bambu runcing, bekas kerokan, kegiatan panjat pinang, baliho pejabat politik, dan kostum superhero. Grab menyisipkan sebuah pesan dalam representasi yang ditampilkan, Grab hadir sebagai solusi praktis dalam memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Grab juga menyisipkan mitos mengenai perayaan atas kemiskinan.
Kata kunci : Representasi, Perilaku Masyarakat Indonesia, Iklan Grab, Semiotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:09
Last Modified: 02 Nov 2023 06:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item