Search for collections on Undip Repository

UJI EKSTRAK ETANOL 96% RUMPUT LAUT COKELAT (Sargassum hystrix) TERHADAP MALONDIALDEHID DAN KREATININ DARAH PADA TIKUS HIPERLIPIDEMIA

Utomo, Raphael Jovanca Sulistyo and Sunarsih, Endang Sri and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) UJI EKSTRAK ETANOL 96% RUMPUT LAUT COKELAT (Sargassum hystrix) TERHADAP MALONDIALDEHID DAN KREATININ DARAH PADA TIKUS HIPERLIPIDEMIA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (RAPHAEL JOVANCA SULISTYO UTOMO-22010319130063- KTI-ABSTRAK)
RAPHAEL JOVANCA SULISTYO UTOMO-22010319130063- KTI-ABSTRAK.pdf

Download (7kB)

Abstract

Latar Belakang: Hiperlipidemia dapat mengakibatkan terjadinya peroksidasi lipid. Produk akhir dari peroksidasi lipid adalah malondialdehid yang merupakan biomarker dari tingkat radikal bebas dalam tubuh. Adanya peroksidasi lipid ini juga akan menyebabkan pembentukan ateroskerosis, kerusakan pada sel ginjal, dan rabdomiolisis yang dapat mengakibatkan terjadinya penurunan fungsi ginjal. Penurunan fungsi ginjal dapat diketahui dari kenaikan kreatinin darah. Fukosantin yang terkandung dalam rumput laut Sargassum hystrix dipercaya mengandung antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.
Tujuan: Mengetahui pengaruh ekstrak etanol Sargassum hystrix terhadap malondialdehid dan Kreatinin Darah pada tikus Wistar jantan.
Metode: Tikus yang telah diinduksi dengan pakan diet tinggi lemak kemudian diberikan ekstrak etanol Sargassum hystrix dengan berbagai varian dosis (100, 300, 500mg/KgBB). Kemudian kadar malondialdehid dan kreatinin darah tikus diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis.
Hasil: Ekstrak etanol Sargassum hystrix memiliki pengaruh dalam menurunkan kadar malondialdehid dan kreatinin darah pada tikus hiperlipidemia. Pada dosis 500mg/kgBB memiliki efektivitas yang tidak berbeda secara signifikan dengan kuersetin pada dosis 20mg/kgBB dalam menurunkan kadar malondialdehid dan kreatinin darah.
Kesimpulan: Ekstrak etanol Sargassum hystrix memiliki aktivitas terhadap penurunan kadar malondialdehid dan kreatinin darah pada tikus hiperlipidemia dengan dosis efektif yaitu 500mg/kgBB.
Kata kunci: Sargassum hystrix, rumput laut cokelat, malondialdehid, kreatinin darah, hiperlipidemia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sargassum hystrix, rumput laut cokelat, malondialdehid, kreatinin darah, hiperlipidemia
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:10
Last Modified: 04 Oct 2023 01:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16800

Actions (login required)

View Item View Item