Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-WOM DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-REPURCHASE INTENTION MELALUI E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Blibli di Semarang) 123adbis2023

Fadhli, Muhammad (2023) PENGARUH E-WOM DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-REPURCHASE INTENTION MELALUI E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Blibli di Semarang) 123adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADHLI - COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADHLI - BAB I.pdf - Submitted Version

Download (851kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADHLI - BAB II.pdf - Submitted Version

Download (512kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADHLI - BAB III.pdf - Submitted Version

Download (711kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADHLI - BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (146kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADHLI - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (250kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADHLI - LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah mengubah cara masyarakat menjalani hidup, termasuk mengubah bagaimana mereka melakukan tranksaksi tanpa bertemu langsung, yaitu melalui situs web atau biasa dikenal dengan e-commerce. E-commerce telah mengalami pertumbuhan yang cepat diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hal tersebut didukung dengan tingginya minat masyarakat dalam berbelanja online yang membuat banyaknya perusahaan - perusahaan e-commerce bermunculan. Untuk mempertahankan perusahaan dan memenangkan persaingan, perusahaan harus bisa mendorong pelanggannya untuk tetap berbelanja di perusahaan e-commerce yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara E-WOM dan e-satisfaction melalui e-trust terhadap e-repurchase intention pelanggan marketplace Blibli di Kota Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ekplanatori, dan menggunakan non-probability sampling serta purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel yang digunakan ialah 100 orang yang sudah berbelanja minimal 2 kali di marketplace Blibli. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, uji t, dan analisi jalur dengan alat bantu aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari masing-masing variabel, yaitu E-WOM dan e-satisfaction terhadap e-repurchase intention serta e-trust. Hasil uji penelitian menghasilkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada setiap hubungan variabel. Hasil uji analisis jalur juga menunjukkan bahwa e-trust berperan sebagai variabel mediasi parsial, yaitu E-WOM dan e-satisfaction secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap e-repurchase intention melalui e-trust.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:16
Last Modified: 03 Nov 2023 07:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16794

Actions (login required)

View Item View Item