Putri, Lisa Atika (2023) Gambaran Self-Leadership Pada Mahasiswa Keperawatan UNDIP. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Cover-Sebelum BAB 1.pdf Download (396kB) |
|
Text
Skripsi_BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
Skripsi_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
Skripsi_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
Skripsi_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
Skripsi_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
Skripsi_BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
Skripsi_Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
Text
Skripsi_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Self-leadership pada mahasiswa keperawatan merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki dalam diri dan harus dilatih serta dikembangkan. Kemampuan self-leadership pada mahasiswa keperawatan akan berpengaruh terhadap pengelolaan diri, manajemen stress, pengembangan keterampilan keperawatan, pengembangan kemampuan interpersonal, serta proses pencapaian kompetensi perawat. Penilaian kemampuan self-leadership pada mahasiswa dapat dikategorikan menjadi tiga dimensi strategi yaitu Behavior Awareness dan Volition, Task Motivation, dan Constructive Cognition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self-leadership pada mahasiswa keperawatan UNDIP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling dengan total responden sebanyak 261 mahasiswa keperawatan UNDIP Angkatan 2020,2021, dan 2022. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian yaitu The Abbreviated Self-Leadership Questionnaire (ASLQ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa keperawatan UNDIP memiliki tingkat self-leadership pada kategori sedang sebanyak 68,2%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat self-leadership pada dimensi Behavior Awareness and Volition (69%), Task Motivation (66,7%), dan Constructive Cognition (67,4%) berada pada kategori sedang. Mayoritas responden pada penelitian ini sudah mampu untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai namun, masih terdapat mahasiswa yang belum mampu memberikan self-reward terhadap pencapaian yang diraih dan juga belum percaya diri terhadap pendapat diri sendiri dalam menyelesaikan situasi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan self-leadership diharapkan mahasiswa keperawatan UNDIP mampu meningkatkan apresiasi terhadap diri sendiri dengan memberikan self-reward dan juga mampu untuk meyakinkan diri dapat mengambil keputusan terbaik saat berada di situasi yang sulit.
Kata kunci : mahasiswa keperawatan, self-leadership, Behavior Awareness
and Volition, Task Motivation, Constructive Cognition
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:14 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:14 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16757 |
Actions (login required)
View Item |