Mufida, Fifi (2023) Gambaran Persepsi Mahasiswa Keperawatan Undip terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring dengan Metode Synchronous dan Asynchronous. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Hal.Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Bab I.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Daftar Pustaka.pdf Download (343kB) |
|
Text
Fifi Mufida_22020117130099_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring berbeda-beda padasetiap individu. Perbedaan persepsi ini dapat disebabkan karena beberapa hal yaitudari segi media, gaya belajar, komunikasi, proses belajar, dan sarana prasarana.Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada penelitian inidilihat dari karakteristik pembelajaran daring yaitu, interaktivitas, sinkronisasi,kegunaan dan kemudahan pengguna rasa kebersamaan dan fitur media. Tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa terhadappelaksanaan pembelajaran daring dengan metode synchronous dan asynchronous.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisa deskriptif. Samplepenelitian ini menggunakan metode stratified random sampling dengan totalsampel sebanyak 230 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan denganmenggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan nilai tendensisentral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa pembelajarandaring dengan metode synchronous lebih baik dari metode asynchronous.Mahasiswa menilai interaktivitas, kegunaan dan kemudahan pengguna rasakebersamaan dan fitur media pada metode metode synchronous lebih baik darimetode asynchronous sedangkan untuk sinkronisasi, mahasiswa menilai sinkronisasi pada metode asynchronous lebih tinggi dari metode asynchronous.Persepsi mengenai pelaksanaan pembelajaran daring paling baik pada angkatan2019, responden perempuan dan mahasiswa yang bertempat tinggal di kos.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya pening kataninteraksi dan diskusi selama pembelajaran daring berlangsung, membuat metode penyampaian selama pembelajaran lebih bervariasi agar kelas tidak monoton, dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada media pembelajaran yang digunakan untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran daring.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Synchronous, Asynchronous
Daftar Pustaka : 43 (2010-2022
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 06:54 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 06:59 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16755 |
Actions (login required)
View Item |