Search for collections on Undip Repository

BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI PENDAMPING TENTANG PERILAKU KEPATUHAN DIET PASIEN TERAPI HEMODIALISIS DI RSUD SALATIGA

JUSTIKAWATI, ANASTASIA ERSTIARINI (2023) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI PENDAMPING TENTANG PERILAKU KEPATUHAN DIET PASIEN TERAPI HEMODIALISIS DI RSUD SALATIGA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANASTASIA ERS.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Penyakit gagal ginjal kronis merupakan penyakit akibat kemunduran fungsi ginjal yang membutuhkan pengobatan pengganti ginjal jangka panjang. Terapi alternatif yang dapat mempertahankan hidup pasien salah satunya kepatuhan diet. Kepatuhan merupakan keyakinan yang dapat mempengaruhi individu menjaga kesehatannya disebut health belief. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan persepsi pendamping tentang kepatuhan diet pasien hemodialisis di RSUD Salatiga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian berjumlah 70 dengan menggunakan teknik sampling total sampling. Mayoritas responden berusia dewasa awal dan lanjut (50,0%), berjenis kelamin perempuan (68,6%), pekerjaan yaitu bekerja (62,9%), status marital menikah (78,6%), pendidikan menengah tinggi (68,6%). Berdasarkan hasil uji chi square didapatkan terdapat hubungan antara persepsi manfaat (p-value = 0,022) dan efikasi diri (p-value = 0,038) terhadap kepatuhan diet pasien hemodialisis. Serta tidak terdapat hubungan antara lama hemodialisis pasien terhadap persepsi pendamping. Selain itu diketahui beberapa faktor yang berhubungan dan tidak berhubungan dengan kepatuhan diet.

Kata Kunci : pendamping pasien, health belief, diet hemodialisis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:18
Last Modified: 29 Sep 2023 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item