Search for collections on Undip Repository

ASAS FIRST TO FILE DALAM KASUSSENGKETA HAK MEREK TERKENAL CROISSANT 7 DAYS (STUDI KASUS: PUTUSAN PN JAKARTA PUSAT NOMOR 71/PDT.SUS-MEREK/2020/PN.NIAGA.JKT.PST)_189 Dagang 2023

PUTRI, KINTAN ANINDYA and Santoso, Budi and Njatrijani, Rinitami (2023) ASAS FIRST TO FILE DALAM KASUSSENGKETA HAK MEREK TERKENAL CROISSANT 7 DAYS (STUDI KASUS: PUTUSAN PN JAKARTA PUSAT NOMOR 71/PDT.SUS-MEREK/2020/PN.NIAGA.JKT.PST)_189 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Kintan Anindya P_cover.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Kintan Anindya P_abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Kintan Anindya P_bab 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Kintan Anindya P_bab 2.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Kintan Anindya P_bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kintan Anindya P_bab 4.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Kintan Anindya P_dapus.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Kintan Anindya P_lamp.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemberian merek dagang bertujuan untuk menunjukkan asal dan jaminan kualitas barang agar memiliki daya pembeda dengan perusahaan lainnya. Perlindungan hukum hak atas merek muncul setelah merek didaftarkan terlebih dahulu. Sistem pendaftaran merek di Indonesia menggunakan sistem konstitutif atau Asas First To File. Salah satu contoh sengketa merek terkenal yang disebabkan adanya iktikad tidak baik adalah kasus sengketa merek antara “7 DAYS” dengan “5 DAYS” dalam Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-Merek/2020/PN.Niaga.Jkt.Pst.
Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Normatifyang mengacu kepada norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan. Penelitian ini menganalisis mengenai dalil para pihak yang menjadi pertimbangan hakim dalam sengketa antara “7 DAYS” dengan “5 DAYS”, serta mencari tahu pembatalan pendaftaran merek “5 DAYS” berdasarkan Undang-Undang Merek.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan dalil-dalil para pihak disertai bukti-bukti surat sahdan menurut pertimbangan Majelis Hakim yang mengacu pada ketentuan Pasal 21 Undang-Undang Merek, Penggugat merupakan pemilik pertama yang sah dan satu-satunya atas merek terkenal “7 DAYS”serta merek “5 DAYS” terbukti didaftarkan dalam Kelas 30 dengan iktikad tidak baik karena memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek “7 DAYS” yang mengakibatkan dibatalkannya pendaftaran merek “5 DAYS” dengan segala akibat hukumnya dari Daftar Umum Merek berdasarkan Pasal 76 Ayat (1) Undang-Undang Merek.
Penulis menyarankan diperlukan adanya ketelitian oleh DJKI dalam pemeriksaan berkas pendaftaran merek, agar dikemudian hari tidak muncul sengketa merek dengan alasan serupa. Selain itu, pentingnya menjaga persaingan usaha yang sehat bagi masyarakat, agar dikemudian hari tidak menimbulkan sengketa yang dapat mengakibatkan kerugian bagi pihak manapun.

Kata Kunci: Asas First To File, Iktikad Tidak Baik, Pembatalan Merek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:25
Last Modified: 19 Oct 2023 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16651

Actions (login required)

View Item View Item