Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI VAKSIN COVID-19 PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGALIYAN KOTA SEMARANG

DEVY, ELSA MUTHIA (2023) GAMBARAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI VAKSIN COVID-19 PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGALIYAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ELSA MUTHIA.pdf - Published Version

Download (427kB)

Abstract

Vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit menular Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Vaksinasi Covid-19 diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan agar masyarakat Indonesia dapat mencapai herd immunity terhadap virus SARS-CoV-2. Namun, vaksinasi Covid-19 dapat menimbulkan efek samping berupa Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada beberapa orang yang bergantung pada kondisi tubuh masing-masing individu. Pada masyarakat Kota Semarang, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami biasanya bersifat ringan dan bersifat sementara sehingga tidak dilaporkan. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang tidak dilaporkan berdampak pada tidak adanya data Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) di Puskesmas Ngaliyan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang yang terjadi akibat reaksi berbagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di wilayah kerja Puskesmas Ngaliyan, Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan metode kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional melalui instrumen kuesioner (googleform) yang disebarkan secara online. Dari data yang terkumpul, dilakukan analisis univariat dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sebagian besar terjadi pada rentang usia 18-25 tahun. Mayoritas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) terjadi pada laki-laki. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) banyak terjadi pada tingkat Pendidikan perguruan tinggi. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang paling sering dialami pada dosis 1, dosis 2, dan booster 1 adalah nyeri di tempat suntikan. Jenis vaksin yang paling banyak memberikan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada dosis 1 dan dosis 2 adalah Sinovac, sedangkan pada booster 1 adalah AstraZeneca. Kesimpulan yang didapatkan adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang banyak terjadi adalah nyeri di tempat suntikan, mengantuk, kelelahan, pusing, dan lemas. Sedangkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang jarang terjadi berupa kemerahan/kebiruan di tempat suntikan, kram tangan, mual/muntah, dan sesak napas.

Kata kunci: Covid-19, Vaksinasi Covid-19, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:56
Last Modified: 25 Sep 2023 06:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16598

Actions (login required)

View Item View Item