Mahdy, Hammam (2023) Efektivitas Pelayanan Perizinan Online Melalui Sistem Izin Investasi Mudah Dan Terpadu (SI IMUT) Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang 122publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (486kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (323kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (429kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (20kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (97kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
Abstract
Pelayanan perizinan merupakan jenis pelayanan jasa yang secara prinsipal
merupakan tanggung jawab pemerintah dan dijalankan dengan tujuan memenuhi
kebutuhan masyarakat serta mengikuti peraturan hukum yang relevan, dengan
produk layanan yang berupa izin. DPMPTSP Kota Semarang merilis Sistem Izin
Investasi Mudah dan Terpadu (SI IMUT) untuk mempermudah dan mempercepat
proses perizinan yang diajukan oleh masyarakat. Namun, dalam pelaksanaanya,
perizinan online melalui SI IMUT masih belum maksimal dikarenakan masih
banyak pengaduan-pengaduan mengenai sistem perizinan online tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan perizinan online
melalui SI IMUT dan faktor pendukung serta penghambat efektivitas. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan
data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori
efektivitas menurut Duncan, yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi, serta
menggunakan teori faktor yang mempengaruhi efektivitas menurut Najidah yaitu
koordinasi, perencanaan, dan ketepatan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan
efektivitas pelayanan perizinan online melalui SI IMUT belum berjalan dengan
optimal, hal ini dikarenakan DPMPTSP Kota Semarang belum melaksanakan
sosialisasi secara menyeluruh, sehingga pada indikator proses sosial masih belum
maksimal. selain itu pada faktor ketepatan pelayanan, pemahaman masyarakat
mengenai pelayanan perizinan online melalui SI IMUT dinilai masih kurang
sehingga mempengaruhi efektivitas pelayanan perizinan online melalui SI IMUT
di DPMPTSP Kota Semarang.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Perizinan, SI IMUT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 06:19 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 06:56 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16594 |
Actions (login required)
View Item |