Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PENERAPAN PRUDENTIAL BANKING PRINCIPLES DALAM PENYALURAN KREDIT KEPADA PERUSAHAAN TAMBANG BATU BARA_144 Dagang 2023

GIOWILLIM, MIKO and Prananingtyas, Paramita and Saptono, Hendro (2023) TINJAUAN YURIDIS PENERAPAN PRUDENTIAL BANKING PRINCIPLES DALAM PENYALURAN KREDIT KEPADA PERUSAHAAN TAMBANG BATU BARA_144 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyaluran kredit kepada perusahaan tambang batu bara menjadi sorotan ditengah komitmen global dalam mendukung keselarasan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Usaha pertambangan batu bara memiliki risiko yang besar, sehingga bank harus menerapkan Prudential Banking Principles secara ketat. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai pengaturan dan penerapan Prudential Banking Principlesdalam penyaluran kredit bagi perusahaan tambang batu bara serta pengawasan regulator perbankan terhadap penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis-empiris, yakni dengan melihat pada pelaksanaan dan efektivitas hukum di lapangan yang dikonsepkan sebagai law as what it is functioning in society.
PenerapanPrudential Banking Principles dalam penyaluran kredit ke perusahaan tambang batu bara sudah dilakukan secara tepat, meskipun dinilai bertentangan dengan prinsip green banking. Penyaluran kredit ke sektor tersebut memang tidak dapat dihentikan begitu saja. Terdapat beberapa upaya pengawasan yang dilakukan OJK, seperti pengawasan melalui POJK No. 51/POJK/03/2017, Taksonomi Hijau Indonesia, serta melakukan penyempurnaan dan/atau penambahan regulasi sebagai upaya lanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prudential Banking Principles ; Batu Bara : Green Banking
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:53
Last Modified: 19 Oct 2023 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item