Search for collections on Undip Repository

FAKTOR RISIKO LINGKUNGAN FISIK RUMAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU (STUDI DI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN)

PUTRI, TANIQI YUHENDRA (2023) FAKTOR RISIKO LINGKUNGAN FISIK RUMAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU (STUDI DI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO TANIQI.pdf - Published Version

Download (436kB)

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit airborne disease yang menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Kabupaten Sleman menempati peringkat tertinggi jumlah kasus Tuberkulosis paru yaitu sebesar 343 kasus. Kejadian Tuberkulosis paru merujuk pada faktor lingkungan seperti kondisi lingkungan rumah dan kepadatan hunian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor risiko lingkungan fisik rumah yang berhubungan dengan kejadian Tuberkulosis paru di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan desain penelitian case control. Populasi kasus yaitu kejadian Tuberkulosis paru yang tercatat dalam Puskesmas Depok I, Puskesmas Depok II, dan Puskesmas Depok III, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman tahun 2022 – Juni 2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan perbandingan sampel antara kelompok kasus dan kontrol 1:1, sehingga total sampel adalah 88 responden. Teknik pengumpulan data berupa wawancara serta observasi dan pengukuran kemudian data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil studi menunjukkan bahwa variabel kelembaban (OR = 4,413; 95% CI = 1,702 – 10,082) dan variabel intensitas cahaya (OR = 2,956; 95% CI = 1,149 – 7,602) terbukti merupakan faktor risiko kejadian Tuberkulosis Paru di Kecamatan Depok.

Kata Kunci : Tuberkulosis paru, faktor risiko, lingkungan rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:18
Last Modified: 22 Sep 2023 09:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item