Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE, PERSEPSI PENDAPATAN, DAN PERSEPSI HARGA EMAS TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL DAN Z PADA PRODUK TABUNGAN EMAS PEGADAIAN SYARIAH

AN'AM, Muhammad Qoirul (2023) PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVICE, PERSEPSI PENDAPATAN, DAN PERSEPSI HARGA EMAS TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL DAN Z PADA PRODUK TABUNGAN EMAS PEGADAIAN SYARIAH. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S__Cover__12020218130087.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S__Abstrak_(Inggris)__12020218130087.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S__Abstrak_(Indonesia)__12020218130087.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S__Daftar_Isi__12020218130087.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S__Daftar_Pustaka__12020218130087.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S__Fulltext_PDF_Bookmarks__12020218130087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat menabung emas di Pegadaian Syariah mengalami tren peningkatan
ditengah kondisi resesi ekonomi. Jumlah nasabah tabungan emas Pegadaian
Syariah tercatat 831.000 nasabah per Juni 2021, naik 33,07 persen secara tahunan
(yoy) dan 6,22 persen sejak awal tahun (ytd). Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisa pengaruh promosi, kualitas layanan Aplikasi Pegadaian Syariah
Digital Service, persepsi pendapatan, dan persepsi harga emas terhadap minat
menabung emas generasi milenial dan Z pada produk tabungan emas Pegadaian
Syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data pada penelitian
ini berasal dari data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 100
responden yang dihitung dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan sampel
menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah penyebaran kuesioner secara online. Metode analisis dari penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 23 yang
sebelumnya telah lolos uji asumsi klasik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan
tidak signifikan terhadap minat menabung emas. Lalu, kualitas layanan Aplikasi
PSDS berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung emas.
Sedangkan persepsi pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
minat menabung emas. Persepsi harga emas berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap minat menabung emas. Promosi, kualitas layanan Aplikasi
PSDS, persepsi pendapatan, dan persepsi harga emas secara simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat menabung emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Kualitas Layanan Aplikasi PSDS, Persepsi Pendapatan, Persepsi Harga Emas, Minat menabung Emas
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:55
Last Modified: 22 Sep 2023 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16519

Actions (login required)

View Item View Item