Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI KONTEN VIDEO PROMOSI PARIWISATA PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN DI DESA KALONGAN, UNGARAN TIMUR

RAMADHANI, ANGGUN KHARISMA (2023) PRODUKSI KONTEN VIDEO PROMOSI PARIWISATA PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN DI DESA KALONGAN, UNGARAN TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER_Anggun Kharisma Ramadhani.pdf - Published Version

Download (859kB)

Abstract

Desa Kalongan yang terletak di Kabupaten Semarang memiliki potensi fisik dan non fisik
diantaranya bidang pariwisata, ekonomi kreatif, peternakan, pertanian, pelayanan pemerintah
yang baik, usia produktif tinggi, jaringan jalan dekat dengan pusat kota. Namun, dari tahun
2019 ke 2020 mengalami penurunan jumlah pengunjung sebanyak 11% dan 2021 juga
semakin menurun dikarenakan kasus Covid di Indonesia. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif serta menggunakan metode pelaksanaan yaitu pra produksi,
produksi, dan pasca produksi. Selain itu metode wawancara juga dilakukan untuk mengetahui
informasi secara langsung yang dibutuhkan ke Kepala Desa. Tujuan produksi ini adalah
untuk menyebarluaksan informasi ke masyarakat dengan menggunakan platform medis sosial
Instagram @pesona_kabsemarang dan Facebook @Ungaran yang berjumlah 10 (sepuluh)
video berdurasi 1 (satu) menit. Adapun studi dokumen juga dibutuhkan untuk melihat rujukan
sebelumnya dalam melakukan penelitian ini. Penggunaan media sosial menjadi strategi yang
efektif untuk meningkatkan minat wisatawan, sehingga perlu adanya pemanfaatan media
sosial dimana platfrom tersebut merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh
masyarakat. Konten tersebut didukung pembuatan atau produksi konten menarik. Membuat
konten menarik dan berkualitas yang menampilkan keindahan, kekayaan budaya, dan daya
tarik menggunakan gambar, video, atau cerita untuk menarik wisatawan dengan berbagai
variasi. Upaya peningkatan minat wisatawan di Desa Kalongan melalui platform media,
seperti Instagram dan Facebook dapat berjalan efektif. Menggunakan platform media sosial
ini, konten mengenai Desa Kalongan dan informasi tentang potensi wisala alamnya juga
dapat tersebarluaskan ke luar Desa Kalongan melalui media sosial dengan mengunggah
konten menarik, inspiratif, dan informatif sehingga menarik minat dan perhatian bagi para
wisatawan.
Kata kunci: Desa Kalongan, Media Sosial, Potensi Wisata, Wisatawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desa Kalongan, Media Sosial, Potensi Wisata, Wisatawan
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:44
Last Modified: 21 Sep 2023 07:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16492

Actions (login required)

View Item View Item