Wibowo, Salma Auliya and Rusmawati, Diana (2023) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DI SEKOLAH KEDINASAN POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN. Undergraduate thesis, Undip.
Text
ABSTRAK SALMA.pdf Download (152kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa kedinasan. Mahasiswa kedinasan merupakan mahasiswa yang memiliki banyak tuntutan akademik dari berbagai pihak, termasuk mencapai prestasi akademik. Prestasi akademik merupakan tingkat penguasaan pada materi perkuliahan meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dipelajari di kampus dengan tolak ukur keberhasilan sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya mengenai sikap menerima dan menolak, rasa percaya dengan kemampuan yang dimiliki, keberartian, keberhasilan dan keberhargaan dirinya. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 169 mahasiswa Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah skala harga diri (40 aitem valid dengan α= 0,950) dan dokumentasi berupa indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis spearman’s rho dan diperoleh nilai rs = 0,179 dan p= 0,020. Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan, semakin tinggi harga diri yang dimiliki individu maka semakin tinggi tingkat prestasi akademik yang dicapai. Hasil dalam penelitian ini dapat menjadi saran bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan variabel lain yang turut berkontribusi dalam pencapaian prestasi akademik mahasiswa.
Kata kunci: harga diri, prestasi akademik, mahasiswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:10 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:10 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16447 |
Actions (login required)
View Item |