Search for collections on Undip Repository

PENGARUH IDENTITAS NASIONAL AMERIKA SERIKAT TERHADAP KAMPANYE COMFORT WOMEN JUSTICE COALITION DALAM PERISTIWA PEMUTUSAN KERJASAMA SISTER CITYOSAKA – SAN FRANCISCO TAHUN 2018 64HI2023

Putri, Lusiana Gusprima (2023) PENGARUH IDENTITAS NASIONAL AMERIKA SERIKAT TERHADAP KAMPANYE COMFORT WOMEN JUSTICE COALITION DALAM PERISTIWA PEMUTUSAN KERJASAMA SISTER CITYOSAKA – SAN FRANCISCO TAHUN 2018 64HI2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (9MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (8MB)
[img] Text
4. BAB III_ Lusiana.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab signifikansi pengaruh komunitas advokasi transnasional, Comfort Women Justice Coalition, terhadap pembangunan Monumen Women Comfort di wilayah St. Mary Square, serta sikap pasif Pemerintah San Francisco terhadap pemutusan kerjasama Sister cityoleh Pemerintah Osaka pada tahun 2018. Pendekatan konstruktivisme berbasis identitas budaya dan norma digunakan sebagai perangkat analisis untuk memahami faktor yang membentuk kekuatan komunitas advokasi transnasionalComfort WomenJustice Coalitiondalam menginisiasi pembangunan monumen dan mempengaruhi sikap Pemerintah San Francisco yang menjadi pasif terhadap keputusan Osaka untuk memutus kerjasama yang sudah terjalin lebih dari enam puluh tahun lamanya.
Metode analisis yang digunakan adalah motodeprocess tracing, dengan melibatkan tiga jenis variable, yakni nilai kemanusian dan penghargaan terhadap perempuan sebagai variable independen, Comfort Women Justice Coalition sebagai varibel interveningdan pemutusan kerjasama Sister cityOsaka–San Francisco sebagai variable dependen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan riset kepusatakaandengan mengakses sejumlah data sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, berita, draft kebijakan, dll. Sejumlah penelitian dengan tema women comfortdan komunitas politik feminis memang sudah ditemukan, namun tulisan yang spesifik membahas pengaruh komunitas advokasi wanita penghibur transnasional terhadap pemutusan kerjasama bilateral San Francisco – Osaka akan menjadi keunggulan penelitian ini.
Penelitian ini menemukan hipotesa bahwa nilai kemanusiaan yang dianut oleh Amerika Serikat memberi pengaruh kuat pada signifikansi pengaruh Women Comfort JusticeCoalition dalam pembangunan MonumenWomen Comfort, dan respon pasif Pemerintah San Francisco terhadap ultimatum Osaka atas pemutusan kerjasama sister city.

Kata Kunci:Sister city, Pemutusan Kerjasama, San Francisco, Women Comfort Justice Coalition, Perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:44
Last Modified: 03 Nov 2023 07:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16417

Actions (login required)

View Item View Item