Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Produk Skincare pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Aurelya, Nabila Putri and Mujiasih, Endah (2023) Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Produk Skincare pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Nabila Putri Aurelya_15000118120031.pdf

Download (258kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK SKINCARE PADA MAHASISWI FAKULTAS
PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Nabila Putri Aurelya, Endah Mujiasih

Fakultas Psikologi, Univeristas Diponegoro
Jl. Prof.Soedarto SH Tembalang Semarang 50275

aurelyanabila@gmail.com

Abstrak

Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli yang tidak didasari pada kebutuhan namun berdasarkan keinginan secara berlebihan. Sedangkan kontrol diri adalah pengendalian tindakan dan pikiran untuk menahan dorongan internal atau eksternal agar dapat bertindak dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif produk skincare pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro sejumlah 900 mahasiswi, sedangkan jumlah sampel penelitian 208 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kontrol Diri (33 aitem, α = 0,925) dan Skala Perilaku Konsumtif (24 aitem, α = 0,885). Metode analisis yang digunakan adalah analisis Spearman’s Rho. Hasil pengolahan data menggunakan analisis Spearman’s Rho diperoleh rxy = -0,597 dengan nilai p = 0.000 (p<0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Artinya, semakin tinggi kontrol diri seseorang, maka perilaku konsumtif rendah. Sebaliknya, makin rendah kontrol diri seseorang, maka akan semakin tinggi perilaku konsumtifnya.

Kata kunci : kontrol diri, perilaku konsumtif, mahasiswi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:04
Last Modified: 05 Feb 2024 02:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16416

Actions (login required)

View Item View Item