Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KADAR LEPTIN TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS PADA PASIEN SINDROM METABOLIK DENGAN OBESITAS DAN NON OBESITAS

Oktarina, Prananingrum Dwi and Nugroho, Khristophorus Heri and Pemayun, Tjokorda (2023) HUBUNGAN KADAR LEPTIN TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS PADA PASIEN SINDROM METABOLIK DENGAN OBESITAS DAN NON OBESITAS. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
PRANANINGRUM DWI OKTARINA-22040218320017-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar belakang: Sindrom metabolik meningkatkan risiko kejadian diabetes mellitus. Leptin merupakan zat adipositokin yang disekresikan oleh jaringan adiposa yang memiliki fungsi penting pada penyimpanan, asupan makanan, pengeluaran energi, sensitivitas insulin dan metabolisme lipid. Resistensi leptin akan meningkatkan resistensi insulin, apalagi jika ditambah dengan adanya defisiensi insulin dan hiperglikemia kronis akan berkembang menjadi diabetes melitus. Penelitian ini mengetahui hubungan antara kadar leptin dengan kejadian diabetes melitus tipe 2 pada sindrom metabolik obesitas dan non obesitas.
Metode: Penelitian ini merupakan bagian penelitian payung dengan rancangan belah lintang, melibatkan 42 sampel sindroma metabolik menurut NCEP ATP III dengan 21 sampel adalah sindrom metabolik obesitas (SM-Ob) dan 21 sampel lainnya adalah kelompok sindrom metabolik non obesitas (SM-NOb). Variabel bebas adalah kadar leptin pada sindrom metabolik. Variabel terikat adalah kejadian diabetes melitus tipe 2. Analisis hubungan menggunakan uji regresi logistik sederhana.
Hasil: 38% subjek SM-Ob menderita DMT2 dan 9,5% subjek SM-NOb menderita DMT2. Tidak terdapat perbedaan signifikan (p = 0,125) pada kadar leptin antar kelompok SM-Ob dan SM-NOb. Terdapat perbedaan signifikan (p<0,001) pada sebaran kadar leptin antar kelompok normal, pre-DM dan DMT2. Terdapat perbedaan signifikan kadar leptin pada kelompok SM-NOb (p=0,028) dan pada kelompok SM-Ob (p=0,002).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kadar leptin dengan kejadian DMT2 pada sindrom metabolik, terlepas dari individu obesitas atau non-obesitas.
Kata kunci: Sindrom metabolik, leptin, obesitas, diabetes melitus tipe 2, diabetes melitus

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sindrom metabolik, leptin, obesitas, diabetes melitus tipe 2, diabetes melitus
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:19
Last Modified: 20 Sep 2023 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16391

Actions (login required)

View Item View Item