Search for collections on Undip Repository

ANALISA YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE LINTAS BATAS NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA_153 Dagang 2023

PUTRI, SEPTI HERLINA and Prananingtyas, Paramita and Mahmudah, Siti (2023) ANALISA YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE LINTAS BATAS NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA_153 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi mengakibatkan majunya transaksi e-commerce yang tidak hanya terjadi dalam satu negara tetapi juga lintas batas negara, salah satunya adalah kawasan Asia Tenggara. Salah satu kendala dalam transaksi e-commerce lintas batas negara adalah kualitas produk yang tidak sesuai deskripsi. Hal ini menunjukkan perlindungan konsumen dalam transaksi e-commerce lintas batas negara tidak berjalan dengan efektif, maka dari itu dibutuhkan pengkajian lebih mendalam mengenai fokus pembenahan perlindungan konsumen lintas batas negara anggota ASEAN agar pengaturan dan penegakan perlindungan konsumen dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan transaksi e-commerce serta perlindungan konsumen di negara anggota ASEAN dan hambatan-hambatan dalam implementasi perlindungan konsumen lintas batas negara dalam transaksi e-commerce di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis-normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Penelitian ini meneliti data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data studi kepustakaan dan wawancara serta kuisioner sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian, negara-negara anggota ASEAN telah mengatur perlindungan konsumen dalam transaksi e-commerce. Namun, beberapa peraturan tersebut perlu disesuaikan dengan Cetak Biru MEA 2025. Adapun ditemukan beberapa hambatan dalam implementasi perlindungan konsumen transaksi e-commerce, salah satunya adalah pelaku usaha sulit untuk dihubungi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Perlindungan Konsumen, ASEAN
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 05:56
Last Modified: 19 Oct 2023 06:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16382

Actions (login required)

View Item View Item