Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Komik Digital “Anne dan Mia” sebagai Media Pendidikan Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Pencegahan Anemia Remaja Putri

Nur Farda Abhista, Elsanda and Nuryanto, Nuryanto and Purwanti, Rachma Pengaruh Komik Digital “Anne dan Mia” sebagai Media Pendidikan Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Pencegahan Anemia Remaja Putri. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Elsanda.pdf

Download (261kB)

Abstract

Latar Belakang: Masalah gizi yang terjadi pada remaja putri salah satunya adalah anemia defisiensi zat besi akibat kurangnya pengetahuan tentang anemia. Pendidikan gizi menggunakan komik digital yang memiliki alur cerita dan melibatkan perasaan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan anemia.
Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh media pendidikan gizi berupa komik digital “Anne dan Mia” terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan anemia pada remaja putri.
Metode: Penelitian menggunakan desain quasi experimental rancangan pre test-post test control group design melibatkan 60 siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Palimanan yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Kelompok intervensi diberi komik digital dan kelompok kontrol diberi leaflet digital. Data pengetahuan, sikap, dan praktik diambil dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur. Analisis data menggunakan independent t-test dan uji Mann Whitney.
Hasil: Terdapat peningkatan skor pengetahuan sebanyak 16,8±14,99%, peningkatan skor sikap sebanyak 4,6±5,57%, dan peningkatan skor praktik sebanyak 3,0±6,21% secara signifikan (p<0,05) pada kelompok komik digital, sedangkan pada kelompok leaflet digital tidak terdapat peningkatan skor pengetahuan, sikap, dan praktik secara signifikan (p>0,05). Ada perbedaan peningkatan pengetahuan dan sikap antar kelompok (p<0,05), tetapi tidak ada perbedaan peningkatan praktik antar kelompok (p>0,05).
Simpulan: Terdapat pengaruh komik digital “Anne dan Mia” terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap pencegahan anemia pada remaja putri.

Kata Kunci: komik digital, anemia, remaja putri

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:44
Last Modified: 18 Sep 2023 08:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16366

Actions (login required)

View Item View Item