Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMILIK HAK CIPTA PENYIARAN KARYA SINEMATOGRAFI “KELUARGA CEMARA” YANG DISIARKAN DALAM WEBSITE FILM ILEGAL_158 Dagang 2023

Reyhan, Nikita Augustine and Santoso, Budi and Musyafah, Aisyah Ayu (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMILIK HAK CIPTA PENYIARAN KARYA SINEMATOGRAFI “KELUARGA CEMARA” YANG DISIARKAN DALAM WEBSITE FILM ILEGAL_158 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industrikreatif di Indonesia, khususnya dalam hal karya sinematografi, kerap mengalami kerugian berupa tindakan pembajakan yang termasuk ke dalam perbuatan melawan hukum yang melanggar Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UU HakCipta). PT Visinema Pictures selaku pemilik hak cipta karya sinematografi “Keluarga Cemara” menjadi salah satu korban yang dirugikan oleh pelaku pembajakan sehingga membutuhkan perlindungan hukum untuk menindaklanjuti tindakan merugikan tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian yuridisnor matif yang artinya pendekatan dilakukan dengan mengkaji permasalahan berdasarkan peraturanperundang-undangan yang berlaku dan studi kepustakaannya. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan yang mengacu pada peraturan perundang-undangan, buku, jurnal, dan bahan lainnya yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, PT Visinema Pictures menggugat pelaku pembajakan secara pidana yang dituangkan dalam Putusan Nomor 762/Pid.B/2020/PN-Jmb. Putusan tersebut mengadili bahwa pelaku telahmelanggar Pasal 113 jo. Pasal 9 ayat (1) UU HakCipta dan Pasal 55 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana sehingga pelaku divonis penjara selama 1 tahun dan 2 bulan serta denda sebesar Rp500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum, karya sinematografi, pembajakan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:28
Last Modified: 19 Oct 2023 06:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item View Item