Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kombinasi Ursodeoxycholic Acid (UDCA) dan Glutathione Terhadap Ekspresi Tnf-a Dan Index Apoptosis Lien Pada Kolestasis : Studi Eksperimental Pada Tikus Sprague Dawley

Darmawan, Danu Adi and Lestari, Endang Sri and Prasetyo, Sigit Adi (2022) Pengaruh Kombinasi Ursodeoxycholic Acid (UDCA) dan Glutathione Terhadap Ekspresi Tnf-a Dan Index Apoptosis Lien Pada Kolestasis : Studi Eksperimental Pada Tikus Sprague Dawley. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak dr. Danu Adi Prakosa Darmawan.pdf

Download (275kB)

Abstract

Latar Belakang: Kolestasis merupakan gangguan pembentukan atau aliran empedu. Sirosis hati menyebabkan hipertensi portal yang dapat menyebabkan splenomegali dan apoptosis sel. TNF-a adalah penginduksi apoptosis yang paling kuat. UDCA adalah agen koleretik, imunomodulator, dan pelindung sistem hepatobilier. GSH meningkatkan respon endotel dan mencegah fibrosis hati. Tujuan: Menganalisis pengaruh kombinasi asam glutathione-ursodeoxycholic terhadap ekspresi TNF-a limpa dan indeks apoptosis limpa pada tikus Sprauge Dawley yang diligasi pada saluran empedunya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sejati dengan Post Test Only Control Group Design. Subjek penelitian adalah tikus putih Sprague Dawley yang dibagi secara acak menjadi empat kelompok. Kolestasis diperoleh dengan ligasi duktus biliaris komunis melalui laparotomi. Pada hari ke 22, terminasi dan diambil sampel limpa untuk pemeriksaan patologi anatomi. Hasil: Terdapat perbedaan ekspresi TNF-a antara kelompok K dan P3; P1 dan P3, dan P2 dan P3 (p=0,002). Ekspresi median TNF-a paling rendah pada P3. Terdapat perbedaan indeks apoptosis yang bermakna antara kelompok K dan P1 (p<0,001); K dan P2 (p=0,004), dan K dan P3 (p=0,005). P1 menunjukkan media indeks apoptosis terendah. Ekspresi TNF-a dan indeks apoptosis memiliki hubungan yang signifikan (p<0,05). Kesimpulan: Perbedaan ekspresi TNF-a dan indeks apoptosis ditemukan lebih rendah pada tikus Sprague Dawley kelompok kombinasi UDCA-glutathione daripada UDCA dosis tunggal. Antara TNF-a dan indeks apoptosis, terdapat hubungan positif sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kolestasis, TNF- , UDCA, glutathione, apoptosis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:58
Last Modified: 18 Sep 2023 01:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16338

Actions (login required)

View Item View Item