Search for collections on Undip Repository

TINGKAT KEPUASAN PETANI KOPI ROBUSTA TERHADAP KOPERASI GIRISENANG DESA GIRIMEKAR, KECAMATAN CILENGKRANG, KABUPATEN BANDUNG

Ningsih, Wulan Adi and Prasetyo, Agus Subhan and Gayatri, Siwi (2023) TINGKAT KEPUASAN PETANI KOPI ROBUSTA TERHADAP KOPERASI GIRISENANG DESA GIRIMEKAR, KECAMATAN CILENGKRANG, KABUPATEN BANDUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
bag awal.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (138kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
bag akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan petani diartikan dengan perilaku atau sikap positif yang dihasilkan dari penilaian petani terhadap seluruh faktor dari hubungan kerjanya dengan pihak lain. Kepuasan petani dengan adanya Koperasi Girisenang dapat dilihat dengan timbulnya peningkatan kesejahteraan yang didapatkan dari penjualan kopi. Tujuan dari penelitian ini menganalisis kepuasan berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang diberikan oleh Koperasi Girisenang kepada petani kopi Robusta dan menganalisis tingkat kepuasan petani kopi Robusta terhadap Koperasi Girisenang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2023 di Koperasi Girisenang Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Lokasi penelitian dipilih dengan kriteria koperasi berperan penting dalam kesejahteraan petani kopi yang merata. Metode analisis data yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis (IPA) dan Consumer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa atribut yang masih perlu untuk ditingkatkan adalah kemudahan prosedur pendaftaran dan transaksi jual atau beli. Peningkatan kinerja yang dapat dilakukan yaitu mempermudah prosedur seefisien mungkin dengan bantuan digitalisasi proses dan di damping oleh pengurus. Hasil perhitungan CSI menunjukkan tingkat kepuasan petani kopi Robusta secara keseluruhan adalah sebesar 93,57% yang berarti bahwa petani merasa puas dengan Koperasi Girisenang. Kepuasan petani ini berdampak pada kemampuan petani dalam mengelola kopi secara mandiri dan adanya peningkatan kesejahteraan petani kopi Robusta.
Kata kunci : CSI, IPA, kepuasan, koperasi, kopi Robusta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Master Program in Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 06 Nov 2023 09:18
Last Modified: 06 Nov 2023 09:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16322

Actions (login required)

View Item View Item