Search for collections on Undip Repository

STRATEGI KOMUNIKASI AGROWISATA TLOGO TUNTANG DI KABUPATEN SEMARANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

fawwazy, Mohammad Farhan and Gayatri, Siwi and Mariyono, Joko (2023) STRATEGI KOMUNIKASI AGROWISATA TLOGO TUNTANG DI KABUPATEN SEMARANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Bagian 1.docx

Download (539kB)
[img] Text
Bagian 2.docx

Download (24kB)
[img] Text
Bagian 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 7.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah banyak mempengaruhi kondisi perekonomian, pariwisata, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Salah satu industri pariwisata yang mengalami dampak Pandemi Covid-19 adalah Agrowisata Tlogo Tuntang. Banyak hal yang telah dilakukan Agrowisata Tlogo Tuntang eksistensi bisnis yang mereka miliki diantaranya adalah membangun strategi komunikasi dalam kegiatan bisnis. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan stategi komunikasi yang diterapkan oleh Agrowisata Tlogo Tuntang untuk meningkatkan jumlah pengunjung di masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik snowball sampling kepada satu key informant yaitu asisten manajer perusahaan, dua pegawai marketing perusahaan dan satu pegawai senior melalui wawancara mendalam (in depth interview) dengan jenis kuesioner yaitu semi-terstruktur (semi structured interview). Peneliti melakukan observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perencanaan pesan di dalam strategi komunikasi dibuat berdasarkan hasil musyawarah seluruh karyawan yang berisi tentang promosi produk Agrowisata Tlogo Tuntang serta penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Metode komunikasi yang diterapkan oleh Agrowisata Tlogo Tuntang di masa Pandemi Covid-19 dilakukan secara persuasif kepada pengunjung yang datang menggunakan media offline dan metode komunikasi secara redundansi dilakukan melalui akun media sosial yang dimiliki dan khalayak yang dituju adalah keluarga dan individual traveler. Agrowisata Tlogo Tuntang memiliki kendala dalam stategi komunikasi yang meeka lakukan diantaranya ialah keterbatasan jumlah human resources, financial resources yang tersedia serta tampilan dan inovasi produk yang telah usang. Jika dilihat dari keterbatasan yang dimiliki oleh Agrowisata Tlogo Tuntang dalam masa Pandemi Covid-19, pelatihan digital marketing merupakan salah satu solusi alternatif yang direkomendasikan peneliti untuk meningkatkan sumber daya dalam mengelola dan meningkatkan pendapatan Agrowisata Tlogo Tuntang.

Kata kunci: Agrowisata, Covid-19, Komunikasi, Tlogo Tuntang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:10
Last Modified: 15 Jan 2024 02:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16321

Actions (login required)

View Item View Item