Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN KOPING STRES PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Putri, Cynthia Clara and Indriana, Yeniar (2023) HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN KOPING STRES PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Cynthia Clara Putri_15000119130167_Abstrak.pdf

Download (474kB)

Abstract

Mahasiswa tahun pertama diartikan sebagai individu yang mengalami peralihan dari sekolah menengah ke perguruan tinggi yang memerlukan kemampuan koping adaptif dalam menyesuaikan diri dan menghadapi berbagai tantangan akademik. Koping stres merupakan upaya individu untuk mengurangi stres dengan menghadapi stresor. Kelekatan sebaya didefinisikan sebagai ikatan emosional yang terjalin antara individu dengan figur lekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan sebaya dengan koping stres mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan subjek mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2022 yang berusia 18-22 tahun (N = 188). Pengambilan data menggunakan instrumen psikologi, berupa skala koping stres (26 aitem, α = 0,918) dan skala kelekatan sebaya (35 aitem, α = 0,936). Analisis data menggunakan analisis Spearman’s Rho pada aplikasi SPSS 25.0 untuk menguji hubungan antara kedua variabel. Berdasarkan hasil uji, terbukti bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kelekatan sebaya dengan koping stres, r_s (186) = 0,66, p < 0,001. Sehingga, semakin tinggi kelekatan sebaya, maka semakin adaptif pula koping mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:18
Last Modified: 05 Feb 2024 02:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item View Item