Search for collections on Undip Repository

STUDI KEJADIAN DBD TERHADAP PERILAKU PSN 3M PLUS DAN KEBERADAAN LARVA DI KELURAHAN PEJATEN BARAT KOTA JAKARTA SELATAN TAHUN 2023

PRATIWI, SVETLANA AISYAH (2023) STUDI KEJADIAN DBD TERHADAP PERILAKU PSN 3M PLUS DAN KEBERADAAN LARVA DI KELURAHAN PEJATEN BARAT KOTA JAKARTA SELATAN TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SVETLANA.pdf - Published Version

Download (431kB)

Abstract

Kejadian Demam Berdarah Dengue terjadi setiap tahun. Pada tahun 2022 di Kelurahan Pejaten Barat terjadi kenaikan kasus DBD yaitu sebanyak 56 kasus. Jumlah penderita DBD tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Angka Bebas Jentik pada kelurahan Pejaten Barat belum seluruhnya mencapat target yaitu 95%. Salah satu faktor terjadinya kejadian DBD adalah perilaku PSN 3M Plus di masyarakat dan keberadaan larva di sekitar rumah. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan perilaku PSN 3M Plus dan keberadaan larva terhadap kejadian DBD di Kelurahan Pejaten Barat, Kota Jakarta Selatan. Terdapat dua variabel yang digunakan pada penelitian yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian adalah Kejadian DBD sedangkan variabel independent pada penelitian adalah pengetahuan, sikap, praktik PSN 3M Plus dan keberadaan larva. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik yang menggunakan desain studi cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh rumah yang berada di Kelurahan Pejaten Barat dengan sampel 104 responden yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Pengambilan data dilaksanakan dengan wawancara dan observasi yang dilakukan dari April-September 2023. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pengetahuan (p = 0,001), sikap (p = 0,002), praktik (p = 0,004), dan keberadaan larva (p = 0,001) terhadap kejadian DBD di Kelurahan Pejaten Barat, Kota Jakarta Selatan. Pemberdayaan masyarakat dalam upaya mencegah DBD perlu lebih diperhatikan khususnya pemberian informasi mengenai pemberantasan sarang nyamuk yang lebih menyeluruh sehingga tercegahnya Demam Berdarah Dengue.

Kata Kunci : Demam Berdarah Dengue, perilaku PSN 3M Plus, keberadaan
larva

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 14 Sep 2023 09:44
Last Modified: 22 Sep 2023 02:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item