Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN PRODUK SUSU ULTRA HIGH TEMPERATURE DAN KENTAL MANIS KEDALUWARSA (STUDI PADA PT INDOLAKTO)_119 Dagang 2023

Dhimas, Ramandyka Satrio and Saptono, Hendro and Irawati, Irawati (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN PRODUK SUSU ULTRA HIGH TEMPERATURE DAN KENTAL MANIS KEDALUWARSA (STUDI PADA PT INDOLAKTO)_119 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai bagian dari kebutuhan dasar manusia, susu merupakan salah satu bahan pangan berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dengan kandungan gizi yang cukup lengkap agar dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat. Perbandingan jumlah produksi susu nasional dengan kebutuhan susu nasional cukup drastis sehingga membuka peluang bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Meskipun pemerintah telah memberikan pengaturan dan membentuk lembaga pengawas terkait perlindungan konsumen, pada realitanya ditengah-tengah masyarakat masih lazim ditemukan produk susu kedaluwarsa yang dijual oleh pelaku usaha, yang tidak diketahui apakah terjadi karena kelalaian atau kesengajaan dari pelaku usaha. Maka di dalam penulisan hukum ini penulis akan menganalisis bagaimana bentuk perlindungan hukum dan tanggung jawab pelaku usaha kepada konsumen terhadap peredaran produk susu kedaluwarsa.
Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis-empiris dengan menganalisis data primer yaitu hasil wawancara dengan PT Indolakto selaku pelaku usaha, ditunjang dengan data sekunder yang berasal dari peraturan perundang-undangan, buku, jurnal, serta literatur lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melayani konsumen, PT Indolakto telah menetapkan standarisasi produk dimulai dari proses produksi dan proses distribusi dengan sistem yang cukup terstruktur tetapi pada kandungan gizi krimmer terdapat satu aspek yang memiliki persentase di bawah ketentuan Badan POM. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen apabila terjadi kerugian sudah cukup baik meskipun belum efektif karena masih terdapat produk kedaluwarsa yang beredar. Penulis menyimpulkan bahwa pengawasan terhadap peredaran susu kedaluwarsa perlu diperhatikan lagi. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan pengawasan terhadap produk susu yang beredar apakah sudah sesuai dengan yang ditentukan di dalam peraturan perundang-undangan atau belum.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Olahan susu, Produk Kedaluwarsa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:32
Last Modified: 26 Oct 2023 02:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item