Search for collections on Undip Repository

ANALISA YURIDIS TANGGUNG JAWAB HUKUM PENJUAL DAN PENYEDIA PLATFORM E-COMMERCE ATAS KETIDAKSESUAIAN BARANG YANG DIKIRIMKAN KEPADA PEMBELI_121 Dagang 2023

PAMUNGKAS, GALANG YUSTISIO and Prananingtyas, Paramita and Njatrijani, Rinitami (2023) ANALISA YURIDIS TANGGUNG JAWAB HUKUM PENJUAL DAN PENYEDIA PLATFORM E-COMMERCE ATAS KETIDAKSESUAIAN BARANG YANG DIKIRIMKAN KEPADA PEMBELI_121 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Transaksi Elektronik merupakan sebuah perdagangan yang dilakukan secara daring (online)melalui internet, dimana para pihak dapat membeli atau menjual barang tanpa bertatap mata secara langsung seperti metode konvensional melalui suatu platform e-commerce yang sudah disediakan melalui internet, para pihak dalam hal ini ada konsumen, pelaku usaha, dan penyedia platform e-commerce. Peralihan kegiatan jual beli secara daring dari metode konvensional menjadi modern dikarenakan teknologi yang sudah berkembang meluas secara merata dalam masyarakat tanpa mengenal kalangan, maka dengan ini masyarakat semakin mudah untuk mengakses platform ¬e-commerce dalam kegiatan jual beli secara daring dikarenakan proses yang mudah untuk dilakukan bagi semua kalangan. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelian barang dan pengiriman barang dalam transaksi jual beli melalui platform e-commerce serta permasalahan yang muncul dan tanggung jawab para pihak dalam transaksi melalui platform e-commerce apabila terjadi ketidaksesuaian barang yang dibeli. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan secara yuridis empiris dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer kepada masyarakat sebagai responden atau sumber data utama dan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses yang dilalui dalam melaksanakan kegiatan transaksi secara daring melalui platform e-commerce cukup mudah untuk dilakukan bagi semua kalangan yang dapat mengaksesnya serta beberapa jawaban responden mengenai kuesioner yang sudah dibagikan oleh peneliti, disamping mudahnya proses kegiatan jual beli secara daring tidak pernah luput dari permasalahan-permasalahan khusus yang muncul dalam hal ini ketidaksesuaian barang yang dikirimkan kepada konsumen. Dalam konteks tanggungjawab jika terjadi permasalahan ketidaksesuaian barang yang dikirimkan kepada konsumen merupakan tanggungjawab pihak pelaku usaha, Penyedia platform e-commerce pada dasarnya hanya bertanggung jawab atas keandalan dan keamanan sistem elektronik serta keberlangsungan operasional.
Kata Kunci: E-Commerce, Ketidaksesuaian Barang, Tanggungjawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Ketidaksesuaian Barang, Tanggungjawab
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:32
Last Modified: 26 Oct 2023 03:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16167

Actions (login required)

View Item View Item