Br Tobing, Horenta Emawati and Prananingtyas, Paramita and Njatrijani, Rinitami (2023) STRATEGI BISNIS BAKAR UANG (BURNING MONEY) OLEH PERUSAHAAN START-UP DALAM PERSPEKTIF HUKUM_136 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
HORENTA EMAWATI BR. Tobing. cover.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
HORENTA EMAWATI BR. Tobing. abstrak.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
HORENTA EMAWATI BR. Tobing. bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
![]() |
Text
HORENTA EMAWATI BR. Tobing. bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
![]() |
Text
HORENTA EMAWATI BR. Tobing. bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HORENTA EMAWATI BR. Tobing. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
![]() |
Text
HORENTA EMAWATI BR. Tobing. dapus.pdf Download (269kB) |
Abstract
Laju perkembangan peradaban, ilmu, dan teknologi yang pesat memberikan pengaruh diberbagai sektor, termasuk sektor perekonomian yang ditandai dengan berdirinya perusahaan start-up sebagai perusahaan berbasis teknologi digital. Perusahaan start-up sebagai pelaku usaha membutuhkan strategi bertahan dalam persaingan, salah satunya dengan menerapkan strategi bisnis bakar uang (burning money). Penelitian dilakukan untuk mengkaji bagaimana penerapan strategi ini dalam perusahaan start-up Indonesia maupun luar negeri dan bagaimana hukum Indonesia mengatur strategi ini untuk melindungi konsumen dan persaingan usaha.
Penelitian yang peneliti lakukan, dilakukan dengan metode yuridis normatif yang menekankan penelitian pada unsur-unsur hukum dan meneliti pada bahan kepustakaan (library research) untuk menemukan bahan-bahan hukum baik primer maupun sekunder yang kemudian digunakan sebagai penilai atas fakta hukum yang akan dipecahkan. Hasil penelaahan kepustakaan tersebut kemudian dikaji dan dideskripsikan secara sistematis dengan metode deskriptif analitis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis bakar uang (burning money) merupakan strategi bisnis yang bertujuan memperluas pangsa pasar perusahaan dengan menghabiskan banyak uang pada proses marketing melalui penerapan discount, flashsale, dan cashback. Namun, dalam penerapannya dapat menyebabkan banyak kompetitor tersingkir, terciptanya entry barrier sehingga persaingan mengecil dan berpotensi untuk terjadinya tindak monopoli. Penerapan strategi ini mempengaruhi konsumen dan persaingan usaha. Pengaturan perlindungan konsumen tertuang dalam UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan persaingan usaha tertuang dalam UU No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
Kata kunci: burning money, perlindungan konsumen, persaingan usaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | burning money, perlindungan konsumen, persaingan usaha |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Mr Perpus FH1 |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 05:33 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:58 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |