Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PISANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA KISARAN

Marpaung, Desi Wulandari and Mukson, Mukson and Ekowati, Titik (2023) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PISANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA KISARAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Buah merupakan salah satu hasil pertanian yang bernilai ekonomis tinggi karena baik bagi kesehatan. Buah pisang (Musa paradisiaca) merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya jenis buah pisang dipasaran akan membuat pilihan konsumen lebih beragam. Preferensi konsumen akan suatu produk yang berbeda-beda menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi karakteristik konsumen buah pisang, menganalisis preferensi konsumen, dan mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan konsumen pada buah pisang. Penelitian dilaksanakan di pasar tradisional Kota Kisaran dengan 60 responden yang dipilih menggunakan metode accidental sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen dan analisis konjoin untuk menganalisis preferensi konsumen dan atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen buah pisang adalah perempuan, berusia 20-29 tahun, tingkat pendidikan terakhir Strata 1, jumlah anggota keluarga ≥ 5 orang dan pendapatan > Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000. Konsumen lebih banyak membeli pisang jenis barangan dan preferensi konsumen adalah buah pisang dengan rasa agak manis, warna kulit buah kuning, jumlah buah tiap sisir banyak (≥ 14 buah) dan harga > Rp 12.000. Atribut buah pisang yang paling dipertimbangkan oleh konsumen adalah atribut jumlah buah tiap sisir dengan importance value sebesar 34,103%.
Kata Kunci: Analisis konjoin, atribut, buah pisang, preferensi konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis konjoin, atribut, buah pisang, preferensi konsumen
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:07
Last Modified: 15 Jan 2024 02:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15983

Actions (login required)

View Item View Item