Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PENDAFTARAN INDIKASI GEOGRAFIS KOPI ARABIKA MERAPI MERBABU MAGELANG SEBAGAI KEKAYAAN INTELEKTUAL KOMUNAL ASAL KABUPATEN MAGELANG_138 Dagang 2023

HASNA, NISRINA TSANY and Santoso, Budi and Aminah, Aminah (2023) TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PENDAFTARAN INDIKASI GEOGRAFIS KOPI ARABIKA MERAPI MERBABU MAGELANG SEBAGAI KEKAYAAN INTELEKTUAL KOMUNAL ASAL KABUPATEN MAGELANG_138 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak potensi Indikasi Geografis di Indonesia yang belum didaftarkan perlindungannya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, salah satunya adalah Kopi Arabika Merapi Merbabu Magelang. Melalui pendaftaran Indikasi Geografis, masyarakat dan Pemerintah Daerah akan memperoleh banyak manfaat. Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan pendaftaran Indikasi Geografis Kopi Arabika Merapi Merbabu Magelang sebagai Kekayaan Intelektual Komunal yang berasal dari Kabupaten Magelang, baik hambatan yang dialami dan upaya telah dan dapat dilakukan oleh Pemohon. Metode Penelitian hukum yang digunakan adalah metode pendekatan Yuridis-Empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif – analitis yang menggunakan sumber data hukum primer, sekunder, dan tersier. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen, wawancara, dan observasi dengan metode analisis kualitatif yang menyajikan hasil dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa pelaksanaan pendaftaran Indikasi Geografis Kopi Arabika Merapi Merbabu Magelang mengalami berbagai hambatanyang berasal dari internal dan eksternal. Namun dengan kerja sama petani, pengusaha lokal, dan Pemerintah Daerah yang baik, pendaftaran Indikasi Geografis dapat terus berlangsung bahkan mendapat berbagai manfaat selama prosesnya. Melalui pelaksanaan tersebut, Penulis berpendapat bahwa hingga saat ini terdapat kekosongan hukum tentang dukungan dan perlindungan wilayah potensi Indikasi Geografis pada tingkat daerah, sehingga diharapkan Pemerintah Daerah di berbagai wilayah Indonesia lebih memperhatikan peraturan daerah guna mendukung potensi Indikasi Geografis wilayahnya dan dapat membangun kerja sama dengan stakeholder terkait.
Kata Kunci: Indikasi Geografis, Kekayaan Intelektual Komunal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Indikasi Geografis, Kekayaan Intelektual Komunal
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:32
Last Modified: 25 Oct 2023 06:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15965

Actions (login required)

View Item View Item