Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PROSES ADMINISTRASI PENGADAAN JASA UNTUK AKSELERASI PEKERJAAN LOGISTIK DI DEPARTEMEN PENGADAAN JASA DIVISI SUPPLY CHAIN PT PAL INDONESIA (SURABAYA)

Ulfa, Maria (2023) ANALISIS PROSES ADMINISTRASI PENGADAAN JASA UNTUK AKSELERASI PEKERJAAN LOGISTIK DI DEPARTEMEN PENGADAAN JASA DIVISI SUPPLY CHAIN PT PAL INDONESIA (SURABAYA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_MARIA ULFA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER_MARIA ULFA.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text
BAB I_MARIA ULFA.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text
COVER_MARIA ULFA.pdf - Published Version

Download (349kB)

Abstract

Keberadaan jasa logistik memberikan peluang yang lebih besar terhadap
pengendalian pekerjaan dan mempengaruhi pencapaian kerja (output), dari segi
kuantitas maupun kualitas output searah dengan fungsi jenis logistik tersebut.
Pekerja logistik mempunyai peranan yang penting untuk menangani materialmaterial yang akan dimasukkan pada gudang dan didistribusikan pada divisi
produksi. Kendala proses administrasi yang tidak berjalan dengan baik
menyebabkan pengadaan pekerja logistik juga terhambat. Akibatnya selain adanya
proses perlambatan pekerjaan, keluhan dari vendor juga muncul karena proses
penanganan dokumen kontrak yang ditangani oleh Departemen Pengadaan Jasa
berangsur lama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses administrasi
dan faktor-faktor penghambat proses administrasi untuk pengadaan pekerjaan
logistik di Departemen Pengadaan Jasa PT PAL Indonesia. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian. Temuan
penelitian diketahui bahwa dalam proses pengadaan jasa memiliki mekanisme atau
prosedur yang cukup panjang. Sementara proses administrasi yang ada di
Departemen Pengadaan Jasa belum mendukung untuk proses pengadaan jasa yang
kompleks. Selain itu faktor-faktor penghambat proses administrasi pengadaan jasa
logistik diantaranya dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), kebijakan organisasi,
identifikasi kebutuhan dan manual proses. Dengan demikian diperlukan realisasi
perubahan yang tersistem untuk administrasi dan dilakukanya standarisasi secara
prosedur untuk proses administrasi penanganan dokumen pengadaan jasa. Output
dari penelitian ini berupa rekomendasi Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk
menangani administrasi dokumen pengadaan jasa.
Kata Kunci: Administrasi, logistik, Pengadaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Administrasi, logistik, Pengadaan
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:22
Last Modified: 26 Sep 2023 04:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15910

Actions (login required)

View Item View Item