Search for collections on Undip Repository

Analisis Yuridis Perlindungan Merek Terhadap Pelanggaran Likelihood of Confusion Pada Pembatalan Merek Pure Baby (Studi Kasus Putusan Nomor: 72/PDT.Sus-Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst)_108 Dagang 2023

DEWI, SALSADILA SURYA and Mahmudah, Siti and Saptono, Hendro (2023) Analisis Yuridis Perlindungan Merek Terhadap Pelanggaran Likelihood of Confusion Pada Pembatalan Merek Pure Baby (Studi Kasus Putusan Nomor: 72/PDT.Sus-Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst)_108 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era perdagangan bebas sekarang, merek memegang peranan penting untuk mengidentifikasi barang dan/atau jasa yang beredar. Perlindungan terhadap merek diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dan TRIP’s Agreement. Namun,dalam kenyataannya masih ada pelanggaran yang tidak diatur lebih lanjut dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis yakni mengenai keadaan membingungkan mengenai asal-usul barang/jasa (likelihood of confusion) dimana banyak gugatan pembatalan merek secara ekplisit menyatakan terjadi keadaan demikian. Dalam penulisan hukum ini, penulis berfokus pada gugatan pembatalan merek “pure baby” PT Bogamulia Nagada.
Penelitian ini dibuat menggunakan metode pendekatan Yuridis Normatif. Data yang digunakan bersifat sekunder dan spesifikasi penelitian adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merek dagang milik PT Bogamulia Nagada yakni “pure baby” tidak memiliki kesamaan pada pokoknya dengan merek dagang milik PT Antarmitra Sembada yakni “pure kids’, “PUREKIDS” dan “PUREWIPES”. Dengan tidak adanya kesamaan antara kedua merek dagang maka PT Bogamulia Nagada memliki iktikad baik dalam pendaftaran merek dan tidak terjadi pelanggaran likelihood of confusion mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis dan Yurisprudensi No. 3485K/Pdt/1992 tanggal 4 September 1995. Sebagai pedaftar merek beriktikad baik PT Bogamulia Nagada dirugikan dengan tidak dilindunginya merek “pure baby” dengan dialkukaknnya pembaatalan merek tersebut.
Kata Kunci: Likelihood of Confusion, Pembatalan Merek, Perlindungan Merek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:35
Last Modified: 25 Oct 2023 08:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item