Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PEMENUHAN REVERSIONARY RIGHTS BAGI PENCIPTA LAGU YANG TERIKAT PERJANJIAN JUAL PUTUS DENGAN PERUSAHAAN REKAMAN_111 Dagang 2023

SHANANDRA, ARTEZYA GHANIA and Santoso, Budi and Saptono, Hendro (2023) ANALISIS YURIDIS PEMENUHAN REVERSIONARY RIGHTS BAGI PENCIPTA LAGU YANG TERIKAT PERJANJIAN JUAL PUTUS DENGAN PERUSAHAAN REKAMAN_111 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahkamah Konstitusi menolak permohonan PT Musica Studios yang berisi mengenai penghapusan pasal-pasal reversionary rights pada UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yang mengatur mengenai pengembalian hak ekonomi atas ciptaan lagu yang telah dialihkan melalui perjanjian jual putus. Perjanjian jual putus merupakan perjanjian yang cukup sering digunakan dalam industri musik pada tahun 1980-1990an untuk mengalihkan hak ekonomi atas ciptaan lagu dari pencipta lagu kepada perusahaan rekaman tanpa batas waktu. Dari peristiwa tersebut, muncul pertanyaan mengenai keabsahan perjanjian jual putus dan pemenuhan reversionary rightsdi Indonesia selama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara yuridis empiris dan spesifikasi penelitian secara deskriptif-analitis. Data diperoleh melalui wawancara, buku, jurnal, serta putusan pengadilan yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisiskualitatif. Candra Darusman merupakan salah satu musisi yang berhasil mendapatkan pengembalian hak ekonomi atas lagu ciptaannya. Namun, pada praktiknya masih ada beberapa musisi yang dirugikan dengan pengalihan hak ekonomi lagu melalui perjanjian jual putusyang disebabkan oleh ketidakberhasilan negosiasi yang dilakukan antara pencipta lagu dan perusahaan rekaman.

Kata kunci: perjanjian jual putus, reversionary rights, pencipta lagu, perusahaan rekaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perjanjian jual putus, reversionary rights, pencipta lagu, perusahaan rekaman
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:34
Last Modified: 26 Oct 2023 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15867

Actions (login required)

View Item View Item