Search for collections on Undip Repository

Tinjauan Yuridis Dalam Sengketa Merek Ps Glow Dengan Ms Glow (Studi Kasus Putusan Nomor: 2/Pdt.Sus.Hki/Merek/2022/Pn.Niaga Sby)_113 Dagang 2023

Darmawan, Aliefka Restu and Njatrijani, Rinitami and Sukirno, Sukirno (2023) Tinjauan Yuridis Dalam Sengketa Merek Ps Glow Dengan Ms Glow (Studi Kasus Putusan Nomor: 2/Pdt.Sus.Hki/Merek/2022/Pn.Niaga Sby)_113 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memiliki dampak buruk bagi merek dagang atau jasa berupa penyerupaan merek dengan suatu merek terdaftar. Penyerupaan merek menimbulkan sengketa merek, salah satu sengketa merek yang belum lama terjadi adalah sengketa merek antara PS Glow dengan MS Glow. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sengketa merek antara PS Glow dengan MS Glow dalam studi putusan nomor: 2/Pdt.Sus.HKI/Merek/2022/PN. Niaga Sby dikaitkan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dan juga mengetahui akibat hukum bagi para Penggugat dan Tergugat serta penyelesaian sengketa yang digunakan. Penulisan Hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Berdasarkan hasil pembahasan, putusan tersebut mengakibatkan tergugat terbukti melawan hukum menggunakan merek dagang yang terdapat kesamaan dengan merek penggugat, membayar ganti rugi sekitar 37 milyar dan memberhentikan produksi serta menarik semua produk yang beredar. Penyelesaian sengketa sudah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis karena dilakukan dengan mengajukan gugatan ke PN Surabaya yang merupakan daerah hukum tergugat. Penulis menyarankan agar mencari tahu apakah merek yang akan didaftarkan sudah digunakan pihak lain atau belum dan jika terjadi sengketa hendaknya diselesaikan terlebih dahulu dengan non litigasi karena memiliki beberapa kelebihan, namun jika belum menemui titik terang maka gunakanlah jalur pengadilan.

Kata Kunci: Sengketa Merek, PS Glow, MS Glow

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sengketa Merek, PS Glow, MS Glow
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:34
Last Modified: 25 Oct 2023 07:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15838

Actions (login required)

View Item View Item