Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN IMPLEMENTASI PROGRAM IMUNISASI PNEUMOCOCCAL CONJUGATE VACCINE (PCV) OLEH PETUGAS DI KOTA JAKARTA TIMUR

PARAHITA, KAMELIA ANGGI (2023) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN IMPLEMENTASI PROGRAM IMUNISASI PNEUMOCOCCAL CONJUGATE VACCINE (PCV) OLEH PETUGAS DI KOTA JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO KAMELIA.pdf - Published Version

Download (493kB)

Abstract

Program imunisasi PCV merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menurunkan angka kasus kematian akibat pneumonia pada anak. Kota Jakarta Timur memiliki target sasaran imunisasi PCV terbanyak di Provinsi DKI Jakarta. Namun, diketahui terdapat 5 dari 10 Kecamatan yang cakupannya masih di bawah rata-rata cakupan Kota Jakarta Timur. Berdasarkan studi pendahuluan, diketahui bahwa petugas imunisasi belum optimal dalam mengimplementasikan program imunisasi PCV. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan implementasi program imunisasi PCV oleh petugas di Kota Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah petugas imunisasi baik bidan, perawat maupun penanggung jawab program imunisasi yang berjumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Variabel penelitian ini adalah kejelasan informasi, kompetensi sdm, sarana prasarana, motivasi, komitmen, pembagian kerja, kepemimpinan dan implementasi program imunisasi PCV. Analisis data menggunakan uji hubungan Chi-Square. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi sdm (p=0,018), motivasi (p=0,000), komitmen (p=0,000), pembagian kerja (p=0,000) dan kepemimpinan (p=0,000) dengan implementasi program imunisasi PCV. Sedangkan tidak terdapat hubungan antara kejelasan informasi (p=0,413) dan sarana prasarana (p=0,165) dengan implementasi program imunisasi PCV. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan kompetensi sdm, motivasi, komitmen, pembagian kerja dan kepemimpinan dengan implementasi program imunisasi PCV. Sedangkan tidak terdapat hubungan antara kejelasan informasi dan sarana prasarana dengan implementasi program imunisasi PCV.

Kata Kunci : Implementasi, Imunisasi PCV, Petugas Imunisas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:59
Last Modified: 30 Aug 2023 02:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item