Search for collections on Undip Repository

ANALISIS HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI PROGRAM PROTEKSI JAMINAN SALDO GOPAY KEMBALI OLEH PT DOMPET ANAK BANGSA_115 Dagang 2023

Safira, Tengku Rania Diva and Prananingtyas, Paramita and Njatrijani, Rinitami (2023) ANALISIS HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI PROGRAM PROTEKSI JAMINAN SALDO GOPAY KEMBALI OLEH PT DOMPET ANAK BANGSA_115 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Transaksi secara daring menggunakan uang elektronik menyebabkan terbukanya peluang untuk menimbulkan pelanggaran terhadap keamanan konsumen. PT Dompet Anak Bangsa atau Gopay merupakan penerbit uang elektronik di Indonesia yang meluncurkan program Jaminan Saldo Kembali. Program tersebut mengklaim bahwa akan memberikan jaminan kepada setiap konsumen yang mengalami kehilangan saldo uang elektronik Gopay dan akan mengembalikan saldo milik konsumen sesuai dengan nominal awal apabila kasus tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai pengimplementasian program Jaminan Saldo Gopay Kembali terhadap peraturan terkait perlindungan konsumen, akibat hukum yang dapat terjadi serta hambatan dalam pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan didukung oleh data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Jaminan Saldo Kembali telah mengimpelementasikan prinsip keterbukaan dan transparansi serta prinsip edukasi dan literasi berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (“PBI”) Nomor 22/20/PBI/2020 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia dan hambatan yang terjadi adalah waktu penyelesaian pengaduan yang melebihi batas tanpa memberikan informasi perpanjangan waktu penyelesaian pengaduan kepada konsumen dan kurangnya pengetahuan atau kesadaran diri pengguna uang elektronik GoPay mengenai pentingnya melindungi akun dari kasus penipuan dan menjaga kerahasiaan PIN. Akibat hukum yang dapat terjadi bagi Gopay apabila melanggar ketentuan yaitu dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis dan/atau penghentian sementara sebagian atau seluruh kegiatan usaha dan/atau pencabutan izin berusaha.
Kata kunci: GoPay, Uang Elektronik, Jaminan Saldo Kembali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: GoPay, Uang Elektronik, Jaminan Saldo Kembal
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:38
Last Modified: 26 Oct 2023 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item